Manajemen Program Pendidikan dan Pelatihan Menjadi Guru TPQ Bagi Siswa MA Al-Islam Joresan

Ramadhani, Nofa Wardah Ayu (2024) Manajemen Program Pendidikan dan Pelatihan Menjadi Guru TPQ Bagi Siswa MA Al-Islam Joresan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220035_Nofa Wardah Ayu Ramadhani_Magister Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ramadhani, Nofa Wardah Ayu. 2024. Manajemen Program Pendidikan dan Pelatihan Menjadi Guru TPQ Bagi Siswa Ma Al-Islam Joresan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascarasjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd. dan Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I.

Kata Kunci : Manajemen, Program Pendidikan dan Pelatihan, Guru TPQ
Semakin maraknya lembaga pendidikan Al-Qur’an atau yang dikenal TPQ, menjadikan bertambahnya kebutuhan akan guru yang mumpuni. Sehingga menyiapkan generasi yang siap terjun dalam pengajaran Al-Qur’an sangat diperlukan. Selain kemampuan membaca Al-Qur’an dan literasinya, kompetensi dalam hal mengajar juga dibutuhkan. Hal ini disambut baik oleh MA Al-Islam Joresan melalui program diklat menjadi guru TPQ sebagai salah satu bentuk pemberian softskill kepada para siswa atau calon alumninya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis manajemen program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ melalui serangkaian tahapan (1) perencanaan program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ, (2) pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ, dan (3) evaluasi program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu lokasi penelitian hanya satu. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi.
Dari penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil: (1) Perencanaan program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ bagi siswa MA Al-Islam dilakukan dengan menetapkan tujuan serta visi misi program, menentukan sasaran program, bekerjasama dengan ahli, mempersiapkan sarpras dan sosialisasi program kepada peserta diklat. (2) Pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ dilakukan dengan pemberian materi terkait pengelolaan TPQ dan cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Selanjutnya peserta akan mendapatkan syahadah sebagai tanda bahwa peserta diklat bisa mengajar menjadi guru TPQ; (3) Evaluasi program pendidikan dan pelatihan menjadi guru TPQ terdiri dari dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi terhadap program dan evaluasi terhadap pelaksanaan. Evaluasi program dilakukan dengan memberikan tes mengaji kepada para peserta di hari terakhir pelaksanaan diklat. Adapun evaluasi terhadap pelaksanaan program, dilakukan dalam dua tahap. Tahap awal dilakukan oleh tim tutor Evaluasi tersebut terkait materi, waktu dan metode yang digunakan. Selanjutnya hasil evaluasi tim tutor akan disampaikan kepada tim pelaksana untuk selanjutnya juga dilakukan evaluasi. Tim pelaksana melakukan evaluasi terkait teknis, fasilitas serta tindak lanjut setelah program selesai dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:42
Last Modified: 27 Jun 2024 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item