Nazula, Desy (2024) (tambahkan kesediaan publikasi)..Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Masters thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
502220013_DESY NAZULA_MPI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Pembelajaran Al-Qur’an yang baik dan benar membutuhkan sebuah metode yang sesuai dengan perkembangan akademik. MIN 1 Ponorogo mengaplikasikan Metode Ummi sebagai program unggulan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang memiliki kekuatan utama; metode yang bermutu, guru yang bermutu, dan sistem yang bermutu. Metode Ummi di MIN 1 Ponorogo diterapkan melalui strategi yang sejalan dengan tahapan manajemen strategi, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Perumusan strategi dalam peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi; 2) Implementasi strategi dalam peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi; 3) Evaluasi strategi dalam peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi.
Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, mengambil lokasi di MIN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis model Miles Huberman dan Saldana, yaitu analisis interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan; 1) Perumusan strategi didasarkan pada perpaduan visi dan misi madrasah yang mencakup pembinaan keagamaan, pengamalan agama Islam secara kafaah, dan berperilaku Islami sehari-hari. Madrasah memiliki tujuan pembelajaran dengan menciptakan lingkungan pendidikan Islami yang mengutamakan nilai-nilai Islam. Madrasah memanfaatkan kekuatan yang dimiliki yaitu guru yang bersertifikat ummi dan bekerja sama dengan pesantren Sabilil Muttaqien untuk mengatasi kekurangan fasilitas ruang belajar. Strategi besar madrasah meliputi pengembangan mutu pembelajaran, penciptaan lingkungan belajar menarik, dan optimalisasi sumber daya madrasah; 2) Implementasi strategi dilakukan melalui pembagian kelompok siswa berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur’annya. Motivasi kepala madrasah kepada guru sangat penting dalam kesuksesan implementasi strategi. Pembangunan budaya belajar positif membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Komitmen dan kerjasama dari semua pihak terlibat sangat diperlukan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif; 3) Evaluasi strategi mencakup mekanisme penilaian terhadap pemahaman siswa, keterampilan dan pengetahuan guru. Musyawarah rutin dilakukan empat kali dalam satu tahun, mulai dari capaian target dari buku prestasi dan hafalan, meninjau bacaan guru ummi dan micro teaching, penempatan guru ummi sesuai kinerjanya serta pembagian kelompok siswa sesuai dengan capaian perkembangannya.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Mutu Pembelajaran, Metode Ummi.
Abstract
Good and correct learning of the Koran requires a method that is appropriate to academic development. MIN 1 Ponorogo applies the Ummi Method as a superior program in learning the Al-Qur'an which has the main strength; quality methods, quality teachers, and quality systems. The Ummi method at MIN 1 Ponorogo is implemented through a strategy that is in line with the strategic management stages, so that it can improve the quality of Al-Qur'an learning.
This research aims to determine and analyze; 1) Formulation of strategies for improving the quality of Al-Qur’an learning using the Ummi Method; 2) Implementation of strategies for improving the quality of Al-Qur’an learning using the Ummi Method; 3) Evaluation of strategies for improving the quality of learning Al-Qur’an with the Ummi Method..
This research was designed using a qualitative approach, with a case study type, taking place at MIN 1 Ponorogo. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Meanwhile, to analyze the data using the Miles Huberman and Saldana model analysis, namely interactive analysis with steps; data collection, data condensation, data display, and verification.
This research produced several findings; 1) Strategy formulation is based on a combination of the madrasah's vision and mission which includes religious formation, practicing Islam in a kafaah manner, and daily Islamic behavior. Madrasas have learning objectives by creating an Islamic educational environment that prioritizes Islamic values. Madrasas utilize their strengths, namely Ummi-certified teachers and collaborate with the Sabilil Muttaqien Islamic boarding school to overcome the lack of learning space facilities. Madrasah's grand strategy includes developing the quality of learning, creating an attractive learning environment, and optimizing madrasah resources; 2) Implementation of the strategy is carried out by dividing groups of students based on their ability to read the Al-Qur'an. The madrasa head's motivation for teachers is very important in the success of strategy implementation. Building a positive learning culture helps create an effective learning environment. Commitment and cooperation from all parties involved is very necessary in creating a conducive learning environment; 3) Strategy evaluation includes an assessment mechanism for student understanding, teacher skills and knowledge. Routine deliberations are held four times a year, starting from achieving targets from achievement and memorization books, reviewing Ummi teacher reading and micro teaching, placing Ummi teachers according to their performance and dividing student groups according to their developmental achievements.
Keywords: Strategic Management, Learning Quality, Ummi Method.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | 1) Nur Kolis 2) Sugiyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29236 |
Actions (login required)
View Item |