Profil Kreativitas Peserta didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 5 SDN 1 Nglumpang.

Kusumawati, Putri Lidiya (2024) Profil Kreativitas Peserta didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 5 SDN 1 Nglumpang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _PUTRI LIDIYA _203200224.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kusumawati, Putri Lidiya. 2024. Profil Kreativitas Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 1 Nglumpang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata kunci: Kreativitas, Projek P5, Tema Kewirausahaan
Penelitian yang dilakukan di SDN 1 Nglumpang dilatar belakangi adanya kemampuan kreativitas pada peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema kewirausahaan, tema tersebut diambil untuk peserta didik memiliki wawasan berpikiran ke depan membentuk pribadi yang memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Pelatihan pembentukan kreativitas peserta didik di sekolah tersebut dituangkan dalam kegiatan projek P5 di kelas dengan kegiatan mendaur ulang sampah yang dijadikan sebuah karya baru yang bernilai, sehingga pembentukan kreativitas pada peserta didik ini tentu akan mendorong peserta didik untuk lebih kreatif dan berkembang lebih cepat dan baik dibandingkan dengan anak yang belum mendapatkan pelatihan berkreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kreativitas peserta didik melalui projek P5 aspek kewirausahaan ditinjau dari kelancaran (fluency); (2) Mendeskripsikan kreativitas peserta didik melalui projek P5 aspek kewirausahaan ditinjau dari keluwesan (flexibility); (3) Mendeskripsikan kreativitas peserta didik melalui projek P5 aspek kewirausahaan ditinjau dari keaslian (originality); (4) Mendeskripsikan kreativitas melalui projek P5 kewirausahaan ditinjau dari terperinci (elaboration) pada peserta didik kelas V di SDN 1 Nglumpang.
Penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian terakhir mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan kreativitas peserta didik memuat kelancaran/fluency dikategorikan baik dan lancar, hal ini, dibuktikan kemampuan mereka dalam menyusun, membentuk sebuah karya dengan lancar dan terselesaikan dengan baik; (2 Kemampuan kreativitas peserta didik memuat keluwesan/flexibility sudah dibilang cukup luwes dalam memilih, mencocokkan bahan-bahan yang diperlukan, misalkan bahan tersebut sudah kehabisan ditoko dapat menggantinya dengan bahan yang ada dan saat bekerja sama dengan kelompok membuat sebuah karya di kelas; (3) Kemampuan Kreativitas peserta didik memuat keaslian/originality belum dikatakan sepenuhnya asli hal ini, dibuktikan kemampuan peserta didik masih diteknik memodifikasi hasil karya yang dibuat; (4) Kemampuan kreativitas peserta didik memuat elaborasi/terperinci, kemampuan peserta didik menguraikan tahap demi tahap yang dilakukan dalam pembuatan sebuah karya secara detail dan rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:48
Last Modified: 26 Jun 2024 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item