..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. PENERAPAN METODE MUSHAFAHAH DALAM MENJAGA AUTENTISITAS QIRAAT SAB’AH (Studi Analisis di PPTQ al-Hasan Ponorogo dan PP al-Munawwir Krapyak)

Roni, Susanto (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. PENERAPAN METODE MUSHAFAHAH DALAM MENJAGA AUTENTISITAS QIRAAT SAB’AH (Studi Analisis di PPTQ al-Hasan Ponorogo dan PP al-Munawwir Krapyak). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
PENERAPAN METODE MUSHAFAHAH DALAM MENJAGA AUTENTISITAS QIRAAT SAB’AH .pdf

Download (1MB)

Abstract

Qira>at sab’ah dewasa ini menjadi topik hangat dalam kalangan para pelajar. Kemajuan teknologi menambah kemudahan bagi mereka untuk mengakses informasi tentang qiraat. Namun, pada sisi lain meninggalkan problematika autentisitas berupa terputusnya kredibilitas sanad dan peyusutan pada orisinalitas bacaan, dimana ketersambungan sanad menjadi hal kompleks dalam menjaga riwayah bacaan.
Tulisan ini membahas penerapan metode musha>fahah dalam menjaga autentisitas qira>at sab’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan membandingkan dan menyandingkan penerapan metode musha>fahah di PPTQ al-Hasan dan PP al-Munawwir Krapyak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara 10 informan dengan klasifikasi 2 kiai 4 ustadz dan 4 santri serta menggunakan semi-structured interview, kemudian dilanjutkan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi, display dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisisi genealogis sanad qira>at sab’ah, Penerapan metode musha>fahah serta implikasinya terhadap pembelajaran qira>at sab’ah di PPTQ al-Hasan Ponorogo dan PP al-Munawwir Krapyak.
Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, genealogi sanad qira>at sab’ah PPTQ al-Hasan Ponorogo dan PP al-Munawwir Krapyak sama dengan qiraat mashhu>rah yang disandarkan kepada imam Ashim, ini dibuktikan dengan temuan data pada sha>hada}h (Ijazah). Kedua, penerapan metode musha>fahah di PP al-Munawwir berorienstasi pada kredibilitas sanad dan orisinalitas bacaan hal ini dibuktikan dengan standarisasi yang tinggi, sedangkan di PPTQ al-Hasan bertransformasi ke arah populis dan praktis dengan menurunkan standar kajian qira>at sab’ah. Ketiga, transformasi metode musha>fahah yang diterapkan PPTQ al-Hasan Ponorogo mampu memacu aspek kuantitas yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah santri yang mengikuti kajian qira>at sab’ah dan PP al-Munawwir Krapyak berfokus pada aspek kognitif dengan menerapkan musha>fahah fase klasik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmad Munir & Basuki Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:54
Last Modified: 26 Jun 2024 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29225

Actions (login required)

View Item View Item