Mukaromah, Binti Ahlaku (2024) Sinergitas Guru Akidah Akhlak Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Di MAN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190046 BINTI AHLAKU MUKAROMAH PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mukaromah, Binti Ahlaku. 2024. Sinergitas Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa di MAN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci : Bentuk Sinergitas, Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung, Hasil Sinergitas.
Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Tujuan pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru yakni mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih. Dengan sinergitas atau kerjasama yang terjalin antara guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dapat mengatasi perilaku indisipliner siswa. Guru akidah akhlak memiliki peran sebagai pemberi pemahaman mengenai nilai-nilai agama, sedangkan guru bimbingan konseling memiliki peran untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis bentuk sinergitas Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling di MAN 1 Ponorogo; (2) Menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam menjalankan sinergitas antara Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling di MAN 1 Ponorogo; (3) Menganalisis hasil dari sinergitas Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian di MAN 1 Ponorogo. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melakukan tahap analisis data peneliti menggunakan teknik analisis model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa (1) Sinergitas antara guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa sudah terjalin, dengan baik adapun bentuk sinergitas yang terjalin antara guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling yakni menjalin komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dalam mengembangkan peran masing-masing untuk saling melengkapi. (2) Faktor pedukung berasal dari guru dan lingkungan keluarga, sedangkan faktor penghambat berasal dari pribadi siswa dan lingkungan pertemanan. (3) Dengan adanya peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dapat membantu dalam mengatasi perilaku indisipliner walaupun belum sepenuhnya sempurna. Karena perlu adanya peran dan dukungan dari semua guru, staff, pegawai yang di Madrasah yang memberikan keteladanan dan motivasi kepada siswa dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis Werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:38 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:38 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29214 |
Actions (login required)
View Item |