alharir, Najib (2024) Peran Guru dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi_206200123_Najib Al Harir.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Hariri, Najib. 2024. Peran Guru dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umar Sidiq. M.Ag.
Kata Kunci: Kedisiplinan, peran guru, siswa
Guru sebagai peranan utama dalam sebuah prosses pembelajaran. Tugas guru meliputi mengajar, mendidik dan memotivasi siswa sehingga terciptanya siswa yang berdisiplin. Disiplin merupakan salah satu tolak ukur dari keberhasilan suatu pembelajaran, dan dari sini peran guru sebagai pendidik sekaligus motivator sangatlah penting dalam pembentukan kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2, memaparkan bagaimana peran guru dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2, dan menjelaskan bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2.
Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang di mana penelitian ini menekankan pada catatan dengan deskripsi kalimat yang rinci, lengkap, mendalam yang menggambarkan situasi yang sebenarnya terjadi melalui penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 4 tahap yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) perencanaan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna. Guru melakukan langkah- langkah untuk membentuk kedisiplinan dengan memberlakukan disiplin waktu, adab atau perilaku dan disiplin kode etik. Dengan beberapa perencanaan atau langkah- langkah tersebut guru memberikan contoh dan motivasi agar terciptanya kedisiplinan di sekolah. 2) guru mempunyai peran dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2, guru menjadi sosok motivator dan pendidik yang menjadi role model yang di mana guru adalah tauladan dan panutan. Guru mempunyai tanggung jawab dan peran yang sangat vital dalam pembentukan kedisiplinan, dengan memberikan contoh dari disiplin yang baik maka akan menimbulkan sikap yang sebaliknya dari siswa. 3) faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan kedisiplinan siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna 2, faktor internal dan eksternal adalah yang menjadi inti dari pendukung dan penghambat di mana faktor ini bersumber mulai dari diri sendiri dan faktor lingkungan yang menjadi penentu bagaimana kedisiplinan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:37 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29210 |
Actions (login required)
View Item |