Zayinah, Atmim (2024) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa MTs Al-Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200008_ATMIM ZAYINAH_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Zayinah, Atmim, 2024. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua
Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs AlIslam. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, Pembimbing; Khoirun Nikmah, M. Hum.
Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Motivasi, Hasil
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu
sebuah fenomena berupa Pendidikan orang tua dan motivasi siswa yang
rendah. Fenomena tersebut bisa dilihat dari kehadiran siswa yang tidak
teratur dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Dampak dari akibat
tersebut yaitu hasil belajar pada siswa menjadi menurun. Sehingga peneliti
akan memberikan solusi mengenai pengaruh latar belakang pendidikan
orang tua dan motivasi terhadap hasil belajar yang rendah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui latar belakang
pendidikan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas
VIII MTs Al-Islam Joresan (2) Untuk mengetahui motivasi belajar
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Al-Islam
Joresan (3) Untuk mengetahui latar belakang pendidikan orang tua dan
motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII
MTs Al-Islam Joresan secara bersamaan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan data
dilakukan melalui penyebaran angket latar belakang pendidikan orang tua
dan angket motivasi serta nilai hasil belajar IPS dengan sampel 100 siswa
kelas VIII MTs Al-Islam Joresan. Analisis data menggunakan Uji Regresi
Linier Berganda, Uji F dan Uji T. Pada penelitian ini diolah dengan bantuan
aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa: (1)
latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar IPS siswa kelas VIII MTs Al-Islam Joresan hal ini diperoleh dari
hasil uji T dengan hasil nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) motivasi berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Al-Islam Joresan
hal ini diperoleh dari hasil uji T dengan hasil nilai sig. 0,007 < 0,05 (3)
secara bersamaan, latar belakang Pendidikan orang tua dan motivasi
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs AlIslam. Hasil uji koefisien determinasi (R2
) menunjukkan bahwa diperoleh R
Square sebesar 0,233. Artinya, variabel latar belakang Pendidikan orang tua,
motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh signifikan sebesar 23,3%
terhadap variabel hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 76,7% dijelaskan
oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29194 |
Actions (login required)
View Item |