Pengembangan Media Pohon Berbuah Soal pada Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V

Fisabillah, Deifria Mona Nisa (2024) Pengembangan Media Pohon Berbuah Soal pada Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200023_DEIFRIA MONA NISA FISABILLAH_PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fisabillah, Deifria Mona Nisa. 2024. Pengembangan Media Pohon Berbuah Soal Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Media pembelajaran pohon berbuah soal, operasi bilangan pecahan.
Pengembangan media pohon berbuah soal pada operasi bilangan pecahan, ini dikembangkan karena pada proses pembelajaran minimnya penggunaan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Guru masih terpaku pada buku ajar tanpa penggunaan media pembelajaran sehingga hal ini menyebabkan siswa mudah bosan dan kurang bersemangat. Pengembangan media pohon berbuah soal pada materi operasi bilangan pecahan ini bertujuan untuk menarik semangat dan keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan- latihan soal. Hal ini peneliti juga menambah reward untuk penghargaan terhadap keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran pohon berbuah soal pada mata pelajaran Matematika materi operasi bilangan pecahan, untuk menjelaskan efektivitas media pembelajaran pohon berbuah soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implmentation, Evaluasi (ADDIE). Penentuan tingkat kelayakan berdasarkan uji validasi ahli materi, validasi ahli media, dan respon pengguna yang diterapkan pada kelas VA dengan responden 17 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan instrumen tes/soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis data menggunakan N-Gain.
Hasil penelitian dari validasi materi oleh dua validator memperoleh persentase 83% dengan kategori layak. Validasi media yang hanya terdiri atas satu orang validator mengomentari bahwa media pohon berbuah soal layak untuk dikembangkan dan diterapkan. Pengguna juga menyatakan bahwa media pohon berbuah soal layak digunakan dengan memperoleh rata-rata presentase 90%. Untuk efektivitas pengembangan media pohon berbuah soal materi operasi bilangan pecahan terhadap hasil belajar ini dihitung menggunakan N-Gain Score dengan menghitung selisih pretest dan posttest. Dari penghitungan N-Gain mendapatkan rata-rata N-Gain Score 0,73 dengan klasifikasi tinggi, sedangkan rata-rata dari N-Gain Persen 72,78 dengan klasifikasi cukup efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:16
Last Modified: 26 Jun 2024 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item View Item