Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Gambar pada Mata Pelajaran PKN Kelas 3 di MIN 4 Ponorogo

Amalia, Faninda (2024) Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Gambar pada Mata Pelajaran PKN Kelas 3 di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD E-THESIS_FANINDA AMALIA_203200042 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amalia, Faninda. 2024. Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Gambar pada Mata Pelajaran PKN Kelas 3 MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi M.Ag.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Media Gambar, Mata Pelajaran PKN
Metode mind mapping merupakan metode dengan cara mencatat yang kreatif, efektif dan akan memetakan pikiran-pikiran, memungkinkan untuk menyusun fakta dan fikiran serta memudahkan dalam mengingat informasi. Di MIN 4 Ponorogo peneliti menemukan permasalahan dimana pembelajaran masih sering berpusat pada LKS saja dan sebenarnya di MIN 4 Ponorogo telah menerapkan metode mind mapping tetapi belum menggunakan bantuan media gambar. Sehingga siswa merasa kurang tertarik dengan tampilan pembelajaran serta kurang semangat pada saat mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pelaksanaan pembelajaran metode mind mapping berbantu media gambar pada mata pelajaran PKN kelas 3 di MIN 4 Ponorogo. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran metode mind mapping berbantu media gambar pada mata pelajaran PKN kelas 3 di MIN 4 Ponorogo. 3) Hasil dari pelaksanaan pembelajaran metode mind mapping berbantu media gambar pada mata pelajaran PKN kelas 3 di MIN 4 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Mile dan Hubermas, dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran telah berjalan dengan baik, selama proses pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias memperhatikan penjelasan dari guru, sebagian besar siswa dapat memahami dan menyukai pembelajaran dengan metode tersebut. Tetapi masih terdapat beberapa siswa yang kurang fokus. Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan tahapan pembelajaran yang meliputi awal, inti dan penutup. 2) Faktor pendukungnya memudahkan siswa dalam memahami materi serta mengingatnya, ketika siswa hanya membaca pokok materi saja maka akan mengurangi munculnya kebosanan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak semua siswa dapat memahami pembelajaran dengan metode tersebut dikarenakan jika siswa tersebut tidak membaca materi secara detail mereka akan kesulitan dalam memahaminya dan fokus siswa mudah teralihkan. 3) Hasil dari pembelajarannya sudah bagus, hal ini dapat dilihat pada saat guru melakukan tanya jawab, sebagian besar siswa dapat menjawab dengan lantang saat mendapat pertanyaan dari guru. Ketika guru memberikan pertanyaan sebagian besar siswa dapat menjawab dan sekitar 20 anak mendapatkan nilai diatas KKM. Siswa teratrik dengan tampilan pembelajaran dengan metode mind mapping berbantu media gambar sehingga membuahkan hasil pembelajaran yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:08
Last Modified: 26 Jun 2024 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29179

Actions (login required)

View Item View Item