Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Menggambar di MIN 3 Ponorogo

Nur Latifah, Eka (2024) Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Menggambar di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_203200035_EKA NUR LATIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latifah, Eka Nur. 2024. Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kecerdasan Visual Spasial di MIN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Pd.
Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Ekstrakurikuler Menggambar

Kegiatan ekstrakurikuler menggambar merupakan suatu kegiatan yang harus disesuaikan dengan bakat dan minat siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu aspek yang muncul dari kognitif yang digunakan untuk memvisualkan gambar didalam pikiran seseorang. Anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial akan peka terhadap simbol, bentuk, warna, garis, dan pola. Di MIN 3 Ponorogo peneliti menemukan anak yang kecerdasan visual spasial dalam kategori baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar di MIN 3 Ponorogo, 2) Kecerdasan visual spasial terhadap pengembangan kegiatan ekstrakurikuler menggambar di MIN 3 Ponorogo, 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan visual spasial dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler menggambar di MIN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar melalui kecerdasan visual spasial peserta didik di MIN 3 Ponorogo diselenggarakan dengan baik. Waktu pelaksanaan yang tepat, fasilitas terpenuhi, metode yang digunakan yaitu dengan metode penyampaian teori dan praktek. 2) Kecerdasan visual spasial peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler menggambar pada kelas V dan VI di MIN 3 Ponorogo secara umum dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan pada anak yang mampu menggambar, anak memiliki kepekaan terhadap warna. Namun, kecerdasan visual spasial anak masih kurang pada kelas V dan VI seperti anak yang kurang konsisten, hilangnya minat anak, adanya rasa bosan pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menggambar. Sehingga, masih memerlukan adanya bimbingan dari tenaga pengajar atau guru. 3) Faktor–faktor yang mempengaruhi kecerdasan visual spasial peserta didik dalam kegiatan ekstrakulikuler menggambar di MIN 3 Ponorogo yaitu adanya faktor Orang tua dan guru menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap kecerdasan peserta didik, faktor yang ditimbulkan oleh guru atau pendidik yaitu sebagai faktor pendukung untuk keberlangsungan belajar siswa. Seperti halnya, penyampaian pengetahuan tentang menggambar yang diberikan oleh tenaga profesional, sedangkan faktor yang ditimbulkan oleh orang tua yaitu berupa motivasi, semangat dan juga pemberian dukungan moral dan material untuk memenuhi kebutuan peserta didik di sekolah atau di MIN 3 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:08
Last Modified: 26 Jun 2024 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item