PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMEBELAJARAN FIKIH MELALUI KITAB KUNING MABADI' FIKIH DI MADRASAH DINIYAH ALI ADAM COPER JETIS PONOROGO

Mahardika sandi, M. Nizar (2024) PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMEBELAJARAN FIKIH MELALUI KITAB KUNING MABADI' FIKIH DI MADRASAH DINIYAH ALI ADAM COPER JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sandi, M. Nizar Mahardika. 2024. Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Kuning Mabadi’ Fiqih Di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Dr. Syafiq Humaisi,M.Pd.

Kata kunci : Kitab Kuning, Mabadi’ Fiqih,Metode Sorogan.

Mempelajari ilmu fiqih sama dengan mempelajari hukum-hukum yang digunakan sebagai landasan atau pondasi dalam bermasyarakat. Memahami ilmu fiqih berguna untuk menanamkan pengetahuan kepada peserta didik, sehingga pemahaman dalam mempelajari ilmu fiqih ini sangat penting. Banyak peserta didik yang hanya tahu tentang pengetahuan fiqih khususnya namun tidak memahaminya secara mendalam. Oleh karenanya diperlukan metode pembelajaran yang dapat menanamkan pemahaman secara utuh kepada peserta didik. Sehingga peneliti tertarik untuk melihat urgensi penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning mabadi’ fiqih.

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper. 2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Sorogan di Madrasah Diniyah Ali Adam. 3) Mendeskripsikan Implikasi metode sorogan terhadap Pemahaman Fikih Santri Madin Ali Adam Melalui kitab kuning mabadi’ fikih.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. data collection, data condensation, data display, dan conclusion drowing/verification. Sementara itu, keabsahan data diukur dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

Berdasarkan pada proses pengumpulan dan analisis data, maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Ali Adam dilakukan sesuai alokasi waktu dan langkah-langkah yang telah ditetapkan. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Sorogan di Madrasah Diniyah Ali Adam diantaranya berupa sarana dan prasarana yang memadai serta dorongan dari orang tua yang selalu mensuport baik secara finansial maupun moral, sedangkan penghambatnya berupa waktu yang terbilang sedikit dan permasalahan individual peserta didik. (3) Implikasi metode sorogan terhadap Pemahaman Fikih Santri Madin Ali Adam Melalui kitab kuning mabadi fikih yakni menambah wawasan serta pemahaman santri mengenai fikih melalui kitab kuning mabadi’ fikih serta menambah kemahiran peserta didik dalam membaca kitab kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:18
Last Modified: 25 Jun 2024 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29172

Actions (login required)

View Item View Item