PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Nurdevi, Sulis Tiah Anggarrita (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203200246_Sulis Tiah Anggarrita Nurdevi_Ethesis Skripsi (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Keduanya menjadi bagian dari dalam diri siswa yang berperan besar dalam mencapai kemampuan critical thinking. Realitanya di SDN 1 Nologaten masih terdapat sejumlah siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis atau critical thinking di bawah rata-rata yaitu nilainya kurang dari 52. Fenomena tersebut tentunya disebabkan karena faktor kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa yang kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten; dan (3) pengaruh secara simultan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode yang dipakai adalah ex post facto. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN 1 Nologaten tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa, dan semua populasi menjadi sampel. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling jenuh non probability. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik penyebaran angket dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan (1) ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten. Hasil anlisis diperoleh thitung 6,493 lebih besar dari ttabel 2,042 besar pengaruhnya adalah 58,4%; (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten. Hasil anlisis diperoleh thitung 3,672 lebih besar dari ttabel 2,042 besar pengaruhnya adalah 31%; dan (3) ada pengaruh secara simultan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN 1 Nologaten secara simultan. Hasil anlisis diperoleh Fhitung 36,419 lebih besar dari Ftabel 3,328 besar pengaruhnya adalah 71,5%. Akan tetapi jika dibandingkan lebih berpengaruh kecerdasan emosional dibandingkan dengan motivasi belajar yaitu 58,4% lebih besar dari 31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:17
Last Modified: 25 Jun 2024 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item