Pengaruh Budaya 6S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun) terhadap Kecerdasan Interperonal Siswa Kelas V di MIN 1 Ponorogo

Nafisah, Afra Hasna' (2024) Pengaruh Budaya 6S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun) terhadap Kecerdasan Interperonal Siswa Kelas V di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Afra Hasna N 203200001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecedasan interpersonal sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, adalah sejauh mana budaya 6S siswa dapat memengaruhi kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran dan diluar pembelajaran. Budaya ini, jika tidak dikelola dengan baik, bisa menjadi penghalang dalam proses pendidikan yang bertujuan membentuk karakter positif dan pemahaman kewarganegaraan yang baik. Sebab, melalui kecerdasan interpersonal siswa akan mampu menyelesaikan kendala, melakukan konsultasi, mengutarakan jawaban, bekerja dengan tim, serta mampu berinteraksi dengan orang lain dengan menunjang kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Budaya 6S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun) siswa, mengetahui kondisi kecerdasan interpersonal siswa, dan untuk mengetahui pengaruh Budaya 6S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun) terhadap Kecerdasan Interpersonal siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian ex post facto. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu seluruh kelas V yaitu kelas VA, VB, dan VC dengan jumlah 72 siswa. Data penelitian diolah dan dilakukan uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t dan uji koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian ini yaitu (1) Kondisi budaya 6S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun) siswa kelas V memiliki kategori sedang dengan presentase 67% yang artinya siswa dapat menerapkan budaya 6S dengan baik. (2) Kondisi kecerdasan interpersonal siswa kelas V memiliki kategori sedang dengan presentase 71% yang artinya siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. (3) Berdasarkan hasil pengujian berupa hipotesis penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya 6S terhadap Kecerdasan Interpersonal. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel (X) budaya 6s dan variabel (Y) kecerdasan interpersonal. Dengan hasil perhitungan uji t sebesar 10,290, sedangkan pada tabel t_tabel adalah 1,997 pada taraf signifikasi 5% yang berarti bahwa H₁ diterima yaitu ada pengaruh budaya 6s terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V di MIN 1 Ponorogo. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y= 21.714+0,743X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:21
Last Modified: 25 Jun 2024 00:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29159

Actions (login required)

View Item View Item