Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan

Kurniawati, Dewi (2024) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200048_Dewi Kurniawati_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan akhlak yang disebabkan oleh kurang tertanamnya jiwa keagamaan siswa dan kurang terlaksananya Pendidikan agama di madrasah, keluarga dan masyarakat. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap karakter siswa. Peran guru akidah akhlak sangatlah penting dalam meningkatkan karakter religius siswa. Segala bentuk kegiatan diupayakan oleh guru akidah akhlak dalam rangka meningkatkan pengalaman karakter religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan. (3) Untuk mendeskripsikan Implikasi Peran Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Madrasah,guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data,penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan didapatkan bahwa (1)Upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning Tulakan Pacitan adalah dengan pendekatan melalui peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing, peran guru akidah akhlak sebagai teladan dan peran guru akidah akhlak sebagai penasehat. Hal tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan karakter religius siswa di madrasah. (2) Faktor Pendukung meliputi kesadaran diri guru akidah akhlak, adanya sikap bertanggungjawab mengenai tugas dan perannya, adanya dorongan dari guru akidah akhlak sendiri,lingkungan madrasah yang mendukung dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu beban tugas yang berat yang dimiliki oleh guru akidah akhlak, keterbatasan kemampuan pada siswa, dan karakter siswa yang berbeda-beda. (3)Implikasi peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa dapat meningkatkan ketaqwaan siswa kepada Allah swt dengan taat dan tunduk dalam beribadah,Jujur, kerjasama, meningkatkan rasa percaya diri,menumbuhkan sikap bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:18
Last Modified: 25 Jun 2024 00:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item