Dampak Self-efficacy sebagai Mediator Pengaruh Prodistik ITS dan Kompetensi Diri terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA di MAN 1 Ponorogo

Sarifudin, Fengki (2024) Dampak Self-efficacy sebagai Mediator Pengaruh Prodistik ITS dan Kompetensi Diri terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA di MAN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200291_Fengki Sarifudin_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pada kenyataan yang masih ada sebagian siswa yang masih bingun dalam menentukan perencanaan karirnya. Banyak sekolah yang telah memberikan fasilitas kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi yang ada pada dirinya salah satunya di MAN 1 Ponorogo dengan adanya sebuah program Prodistik ITS yang memberikan wadah pengembangan dalam hal ilmu TIK. Kemudian siswa harus menananamkan keyakinan self-efficacy dalam dirinya agar merasa mampu untuk percaya diri dalam menggapai masa depannya. Sehingga nantinya ketika semuanya dapat dikembangkan serta ditanamkan dengan baik maka dalam perencanaan karirnya bisa tepat untuk masa depannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh Prodistik ITS terhadap perencanaan karir siswa, 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi diri terhadap perencanaan karir siswa, 3) Untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap perencanaan karir siswa, 4) Untuk mengetahui pengaruh Prodistik ITS terhadap self-efficacy siswa, 5) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi diri terhadap self-efficacy siswa, 6) Untuk mengetahui pengaruh Prodsitik ITS melalui self-efficacy terhadap perencanan karir siswa, 7) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi diri melalui self-efficacy terhadap perencanaan parir siswa.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenisnya pendekatan penelitian ex-post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 siswa yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dari populasi sejumlah 120. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk menganalisis data dengan bantuan program aplikasi SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Prodistik ITS secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan karir siswa, 2) Kompetensi diri secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan karir siswa, 3) Self-efficacy secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan karir siswa,4) Prodistik ITS secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy siswa, 5) Kompetensi diri secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy siswa, 6) Prodistik ITS secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan melalui self-efficacy terhadap perencanaan karir siswa, 7) Kompetensi diri secara tidak langsung berpengaruh positif tetapi tidak signifikan melalui self-efficacy terhadap perencanaan karir siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rihab Wit Daryono
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:16
Last Modified: 25 Jun 2024 00:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item