Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur'an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo

Kinantan, Ardhiano Padang (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur'an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS ARDHIANO PADANG KINANTAN_201200024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinantan, Ardhiano Padang. 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.

Keterbatasan dan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an menjadi kesulitan yang dialami oleh peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an. Kondisi yang dialami dari setiap peserta didik berkebutuhan khusus yang beragam menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Sehingga perlunya pendampingan dan peran guru dalam upaya mengatasi kesulitan yang dialami.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) kesulitan belajar Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo; (2) peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo; (3) dampak peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan Khusus di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dengan data penelitian berupa data primer dan sekunder untuk melengkapi data data yang diperlukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan dalam belajar Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan khusus kelas VIII yaitu berupa permasalahan persepsi dan koordinasi pada kemampuan berfikir dan menulisnya. Permasalahan perhatian dan hiperaktif. Kesulitan berfikir dan mengingat. Kesulitan kurang mampu menyesuaikan diri. Permasalahan menunjukkan gejala yang tidak aktif. Permasalahan pencapaian hasil belajar yang rendah; (2) Peran guru pendidikan agama dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan khusus berperan sebagai murabbi, muallim, muaddib, mursyid, mudarris dan muzakki; (3) Dampak dari adanya peran guru pendidikan agama Islam memberikan perubahan yang dapat dilihat meningkatnya rasa kepercayaan diri peserta didik berkebutuhan khusus. Kemampuan motorik peserta didik berkebutuhan khusus meningkat. Meningkatkanya pengetahuan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Partisipasi aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Meningkatnya hafalan Al-Qur’an. Serta kelancaran dalam proses pembelajaran Al-Qur’an peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:12
Last Modified: 25 Jun 2024 00:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item