Wardani, Ayu Liya (2024) Upaya Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Perilaku Responsif Siswa Kelas IV B di MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200020_Ayu Liya Wardani_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Wardani, Ayu Liya. 2024. Upaya Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Perilaku Responsif Siswa Kelas IV B Di MIN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Rangga Agnibaya. MA. M.Pd.
Kata kunci: Pengelolaan Kelas kondusif, Perilaku Responsif
Pengelolaan kelas kondusif merupakan serangkaian strategi dan tindakan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mendukung proses belajar mengajar. Dengan adanya pengelolaan kelas kondusif yang baik maka suasana kelas akan menjadi kondusif begitupun dengan respon siswa juga akan baik. Perilaku responsif siswa adalah perilaku yang cepat merespon atau cepat tanggap, dan kesadaran yang dimiliki oleh setiap siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap responsif siswa terhadap pembelajaran, upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan perilaku responsif siswa dalam pengelolaan kelas dan juga untuk mengetahui hambatan pembelajaran yang dialami oleh guru dalam rangka menumbuhkan perilaku responsif siswa di kelas IV B di MIN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas IV B.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Sikap responsif siswa kelas IV B dapat dilihat dari siswa yang mematuhi peraturan kelas yang telah disepakati bersama, siswa yang melakukan kegiatan membaca asmaul husna sesuai dengan waktu yang ditentukan, membersihkan kelas sesuai jadwal yang telah dibuat, menghapus papan tulis ketika pergantian jam pelajaran tanpa disuruh, menegrjakan tugas yang diberikan oleh guru dan bertanya ketika ada yang belum dipahami. 2). Upaya yang dilakukan guru adalah dengan mengubah penataan tempat duduk, hiasan dan menggunakan metode serta pendekatan yang tepat dan menarik, sehingga siswa merespon guru dengan baik dan kelas menjadi kondusif. 3). Terdapat hambatan dari dalam dan dari luar, hambatan dari dalam terjadi karena diri siswa sendiri. Siswa yang aktif, IQ yang rendah, kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru dan juga siswa yang kurang percaya diri. Sedangkan hambatan dari luar terjadi karena kegaduhan yang ditimbulkan dari luar kelas, pembatas kelas, perbedaan penggunaan metode dan pendekatan antar kelas yang menyebabkan kegaduhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Rangga Agnibaya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:09 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29140 |
Actions (login required)
View Item |