Anwar, Yusril (2024) ..(LEMBAR KEASLIAN TULISAN YANG BLM DITANDA TANGANI TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Konsep At-ta'dib Menurut Naquib Al-attas Dan Relevansinya Terhadap Peningkatan Karakter Religius Di SMP Ma'arif 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
YUSRIL ANWAR SKRIPSI E THESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Anwar, Yusril. 2024. Konsep At-Ta’dib Menurut Naquib Al-Attas dan Relevansinya Terhadap Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Ma’arif 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing : Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Konsep At-ta’dib, Karakter, Religius,
Pendidikan saat ini dalam segi ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun dalam hal adab, akhlak, dan budi pekerti sangat memprihatinkan, terbukti dari maraknya ketimpangan dari nilai-nilai ajaran Islam pada peserta didik. Oleh karena itu permasalahan tersebut harus diselesaikan oleh pendidikan terutama pendidikan Islam. Solusi yang dapat dilakukan ialah dengan membentuk dan meningkatkan karakter religius peserta didik. Tempat penelitian di SMP MA’ARIF 2 Ponorogo karena dalam konsep pendidikan di sekolahan tersebut mengarah pada penananaman nilai religius. Penelitian ini peneliti berupaya mencari relevansi konsep At-ta’dib Naquib Al-Attas terhadap peningkatan karakter religius peserta didik.
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Konsep at-ta’dib Naquib Al-Attas; (2) Pelaksanaan karakter religius di SMP MA’ARIF 2 Ponorogo; dan (3) Relevansi konsep at-ta’dib Naquib Al-Attas terhadap karakter religius peserta didik di SMP MA’ARIF 2 Ponorogo.
Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan analisis pustaka (library research), pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta data teks dari karya Naquib Al-Attas. Partisipan penelitian berasal dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Gruru PAI, dan peserta didik SMP Ma’arif 2 Ponorogo. Proses analasis data penelitian ini dilaksanakan saat pengumpulan data penelitian berlangsung dan setelah pengumpulan data selesai sesuai jadwal penelitian. Model analisas data penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan hasil bahwa (1) Konsep at-ta’dib NAquib Al-Attas ialah upaya dalam penerapan pendidikan Islam yang mengedepankan Adab. Konsep At-ta’dib Naquib Al-Attas bertujuan untuk membentuk manusia sebagai Insan Kamil. (2)Pelaksanaan karakter religius di SMP MA’ARIF 2 Ponorogo melalui pertama pelaksanaan kegiatan keagamaan diantaranya, Sholat Dhuha, Tahsin al-Qur’an, dan Madrasah Diniyah. Kedua pembelajaran yang menunjang karakter religius diantaranya, pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, Sholawat sebagai spirit dalam belajar, al-Qur’an dan Hadist sebagai afirmasi dan apresiasi positif terhadap peserta didik. (3) Adanya relevansi antara konsep at-ta’dib Naquib Al-Attas dengan pelaksanaan karalter religius di SMP MA’ARIF 2 Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fery Diantoro |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:16 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29124 |
Actions (login required)
View Item |