Khotimah, Khusnul (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMP ISLAM THORIQUL HUDA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
THESES KHUSNUL KHOTIMAH_.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Khotimah, Khusnul. 2024. Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, M.BA.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peserta Didik Baru
Strategi pemasaran adalah suatu prosedur yang harus dijalankan oleh suatu lembaga pendidikan supaya dapat memberikan kepuasan pada stakeholders sekolah, ataupun masyarakat. Startegi pemasaran tersebut dapat dilihat dari berbagai upaya kreatif dan inovatif yang dilakukan oleh para pengelola suatu lembaga pendidikan yang digunakan untuk menggali keunikan dan keunggulan yang diberikan oleh suatu lembaga pendidikan agar dapat diminati oleh konsumen dan dapat meningkatkan penerimaan peserta didik baru.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Thoriqul Huda. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pemasaran dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Thoriqul Huda. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Thoriqul Huda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan sumber data dari kepala sekolah, waka kesiswaan dan waka humas. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara. Teknik yang dipilih dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) Perencanaan strategi pemasaran pendidikan SMP Islam Thoriqul Huda dilakukan secara terstruktur mulai dari pembentukan tim PPDB, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan karyawan SMP Islam Thoriqul Huda, menentukan target dalam mempromosikan sekolah seperti waktu, tempat dan target peserta didik. (2) Implementasi yang dilakukan adalah dengan menawarkan produk jasa berupa program unggulan yaitu tahfidz qur’an dan membaca kitab kuning. Promosi yang dilakukan oleh SMP Islam Thoriqul Huda yaitu melalui media cetak, media elektronik serta promosi secara tidak langsung oleh masyarakat yang dilakukan dengan mulut kemulut. (3) Evaluasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di SMP Islam Thoriqul Huda dengan selalu melakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus agar hambatan- hambatan yang ada dapat segera diatasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abdul Kholiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29123 |
Actions (login required)
View Item |