Fani, Fadila Roi (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Pada Soal-Soal Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa Kelas V Di SDN 2 Tugurejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200171-FADILA ROI FANI-FATIK-PGMI..pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fani, Fadila Roi. 2024. Analisis Pemecahan Masalah Kontekstual pada Soal-soal Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self-Confidence Siswa Kelas V di SDN 2 Tugurejo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ulum Fatmahanik, M. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, self-confidence, matematika.
Pada pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa sering kali dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan kontekstual khususnya yang berkaitan dengan matematika, sehingga dengan adanya kemampuan ini siswa mampu mencari solusi terbaik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah kontekstual siswa yaitu Self-Confidence. Self-Confidence yang baik akan memberikan pengaruh positif pada diri seseorang dan begitu sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah kontekstual siswa yang ditinjau dari Self-Confidence, mengetahui perbedaan Self-Confidence siswa, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan Self-Confidence siswa.
Adapun penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas V SDN 2 Tugurejo yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak enam sampel. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisi Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah kontekstual ditinjau dari Self-Confidence terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan Self-Confidence tinggi mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah dengan baik, siswa dengan Self-Confidence sedang memenuhi 2 indikator, dan siswa dengan Self-Confidence rendah memenuhi satu indikator. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal (jenis kelamin, materi, pemahaman awal) dan faktor eksternal (karakteristik soal, materi, pemahaman awal). Faktor yang memepengaruhi Self-Confidence, yaitu faktor internal (kemampuan, pengalaman, konsep diri, penampilan), dan faktor eksternal (keadaan sosial).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:12 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29115 |
Actions (login required)
View Item |