Rofiah, Muarisa Nur (2024) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN KITAB FATHUL MU’IN BAB SHOLAT JENAZAH KELAS 6 MADIN TASLIMUL HUDA CEKOK BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
THESES MUARISA_.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rofiah, Muarisa Nur. 2024. Efektivitas Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in Bab Sholat Jenazah Kelas 6 Madin Taslimul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Mukhibat M.Ag.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode demonstrasi, Sholat Jenazah
Suatu pembelajaran agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan dan tujuan pendidikan diperlukan sebuah cara atau metode di dalam mengajar. Cara yang bagaimana yang cocok dengan kondisi, situasi dan keadaan dari peserta didiknya. Karena dalam suatu belajar yang terpenting bukan saja hanya “materi apa” yang disampaikan melainkan “bagaimana proses” pembelajaran yang dijalankan. Hal itulah yang dapat membuktikan berhasil tidaknya suatu kegiatan belajar mengajar (KBM). Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah dengan memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal yaitu identifikasi tujuan pembelajaran, mengenali karakter peserta didik, melihat karakter materi serta menyusun rencana pembelajaran dan melakukan evaluasi.
Adapaun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran kitab Fathul Mu’in bab Sholat Jenazah Kelas 6 Madin Taslimul Huda Cekok Babadan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan dan tantangan dalam penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran kitan Fathul Mu’in bab Sholat Jenazah kelas 6 madin Taslimul Huda Cekok Babadan Ponorogo.
Metode yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut, desain penelitian berbentuk naturalistik berjenis studi kasus yang dibuat menggunakan pendekatan kualitatif. Adapaun untuk teknik pengumpulan data adalah melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data (Data Reduction), Penyajian data (Data Display), dan Conclusion Drawing / Verification.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran kitab Fathul Mu’in bab sholat jenazah di kelas 6 madrasah diniyah Taslimul Huda Cekok Babadan Ponorogo ini dapat berjalan dengan baik. Banyak bentuk metode demonstrasi yang diterapkan di Madin Taslimul Huda. Ada yang dilakukan dengan ustadz yang memberikan peragaan secara langsung, ada pula santri yang langsung dibimbing ustadz untuk langsung memperagakan gerakan yang baik dan benar. Dan dalam menerapkan metode ini juga sudah sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi yang mana semua ustad telah mempersiapkan dengan baik materi, peraga, pengelolaan kelas dan lainnya, kemudian melakukan metode demonstrasi sampai akhirnya santri paham dan diakhiri dengan adanya evaluasi. (2) Hambatan dan tantangan metode demonstrasi pada pembelajaran kitab ”Fathul Mu’in” bab sholat jenazah kelas 6 Madin Taslimul Huda Cekok Babadan Ponorogo pada awalnya memang dapat dibilang banyak. Mulai dari kurang aktifnya siswa akibat tidak tertarik dengan pembelajaran ustadz yang belum mempersiapkan diri, memerlukan waktu yang lama dan memerlukan biaya yang banyak karena peragaan harus lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29108 |
Actions (login required)
View Item |