Upaya Peningkatan Kualitas Literasi Baca Tulis Siswa Melalui Metode Flipped Classroom pada Mata Pelajaran SKI di MTs Putri Ma'arif Ponorogo

Satriyoko, Gholib (2024) Upaya Peningkatan Kualitas Literasi Baca Tulis Siswa Melalui Metode Flipped Classroom pada Mata Pelajaran SKI di MTs Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200298_GHOLIB SATRIYOKO_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk minim peminat, sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang efektif dan inovatif agar membatu meningkatkan kualitas literasi baca tulis bagi siswa di kelas ataupun luar kelas, sehingga pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat di perlukan untuk menangani permasalah tersebut yaitu agar para siswa menyukai pelajaran SKI. Maka MTs Putri Ma’arif Ponorogo memilih untuk menerapkan metode yang tepat yaitu metode flipped classroom.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan upaya metode flipped classroom dalam meningkatkan kualitas literasi baca tulis pada mata pelajaran SKI. (2) Untuk mendeskripsikan hasil dari metode flipped classroom dalam meningkatkan kualitas literasi baca tulis pada mata pelajaran SKI. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode flipped classroom dalam meningkatkan kualitas literasi baca tulis pada mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles, Hubberman, dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya metode flipped classroom dalam meningkatkan kualitas literasi baca Tulis pada mata Pelajaran SKI adalah dilakukan dengan mempersiapkan bahan ajar seperti RPP, prota, promes, silabus, dan modul ajar. Upaya pelaksanaan dengan mengirim materi ke grup kelas yang telah dibuat, bisa menggunakan lab. komputer atau proyektor. Dilanjut memahami materi, menulis hasil diskusi, membuat kelompok diskusi lalu dipresentasikan. Selanjutnya diberikan tugas untuk merangkum, menjawab pertanyaan dari guru dan teman sebaya, mengisi latihan soal. Upaya evaluasi literasi baca tulis dengan metode flipped classroom, membuat google form, yang berisi lembar observasi hasil belajar, ujian harian dan ujian lisan. (2) hasilnya guru dan siswa saat pembelajaran saling berinteraksi, pembelajaran tidak saling canggung, kelas jadi aktif dan kondusif, interaksi guru dan siswa berjalan dengan baik, kelas jadi lebih seru dan tidak jenuh, mempercepat pemahaman siswa secara mendalam, waktu belajar jadi lebih efisien, terbiasa melatih membaca dan menulis. (3) faktor pendukung dalam upaya meningkatkan literasi baca tulis siswa pada mata pelajaran SKI melalui metode flipped classroom di MTs Putri Ma’arif Ponorogo yaitu adanya jaringan internet (WIFI), sumber belajar yang mudah dijangkau, dan kompentensi guru yang memadai. Faktor penghambat literasi baca tulis yakni keterbatasan perpustakaan dengan buku yang belum lengkap, kurangnya dana sekolah untuk menambah fasilitas, pendidik yang kurang efektif, kurangnya kesadaran serta semangat motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman, M.Pd.I.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:42
Last Modified: 24 Jun 2024 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item