STRATEGI GURU PAI UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI DI SMA BAKTI PONOROGO

Tusalma, Eka May Syaroh (2024) STRATEGI GURU PAI UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI DI SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201200059_EKA MAY SYAROH TUSALMA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tusalma, Eka May Syaroh. 2024. Strategi guru PAI Untuk Membentuk Kedisiplinan dan Sopan Santun Siswya Kelas XI Di SMA Bakti Ponorogo 2023-2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ibu Yusmicha Ulfa Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Strategi Guru, Kedisiplinan, Sopan Santun.

Strategi merupakan seni untuk penggunaan rencana untuk mencapai tujuan. Strategi secara umumnya merupakan suatu rencana atau metode utuk mencapai suatu tugas. Seorang guru dituntut dapat memilih dan menerapkan strategi yang sesuai kebutuhannya. Dalam bidang Pendidikan strategi tidak hanya digunakan dalam proses belajar mengajar, di SMA Bakti Ponorogo persoalan

kedisiplinan dan sopan santun masih menjadi problem dalam hal ini dibutuhkan strategi yang tepat dalam membentuk kedisiplinan dan sopan santun. Penelitian di SMA Bakti Ponorogo ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan sopan santun siswa (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam

membentuk kedisiplinan dan sopan santun (3) mendeskripsikan hasil dari

pembentuk kedisiplinan dan sopan santun.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang mengkaji suatu fenomena yang bersifat alami dan sesuai realita dengan hasil kutipan data dari guru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil Analisa data ditemukan bahwa (1) Cara guru PAI sebagai pembimbing untuk mengarahkan siswa siswinya agar bersikap disiplin dan sopan santun kepada bapak ibu guru dan orang yang lebih tua, peran guru sebagai contoh dan teladan bagi siswa siswinya agar mematuhi peraturan yang ada di sekolah tersebut, seperti memberikan contoh pembiasaan saling tegur sapa saat bertemu, berbicara dengan sopan dan santun kepada yang lebih tua. (2) Faktor pendukung dalam membentuk disiplin dan sopan santun di SMA Bakti Ponorogo yaitu adanya pendidik yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai baik itu mushola, lapangan, serta ruangan dan guru yang berperilaku baik sekaligus memberikan teladan yang baik hasil datang ke sekolah tepat waktu, mengucapkan salam ketika memulai dan mengakhiri pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yang berada di SMA Bakti Ponorogo yaitu seperti pola asuh orang tua, lingkungan luar sekolah, kualitas hubungan antara guru dan murid yang masih kurang, ketidakkonsistenan atau sanksi dalam penerapan aturan yang diberikan tidak sesuai dengan pelanggaran, kurangnya bimbingan dari orang tua ketika di rumah. (3) Hasil strategi guru PAI untuk membentuk karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas XI di SMA Bakti Ponorogo yaitu siswa datang tepat waktu, mengikuti pembelajaran dengan tertib, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung, mengucapkan salam saat bertemu, dan menggunakan bahasa yang sopan.

Eka May Syaroh Tusalma. 2024. PAI teacher strategies for forming discipline and manners in Class XI students at Bakti Ponorogo High School 2023-2024. Thesis. Department of Islamic Religious Education (PAI) Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo. Supervisor: Mrs. Yusmicha Ulfa Afif, M.Pd.I.

Keywords: Teacher Strategy, Discipline, Manners.

Strategy is the art of using plans to achieve goals. Strategy in general is a plan or method to achieve a task. A teacher is required to be able to choose and implement strategies that suit his needs. In the field of education, strategies are not only used in the teaching and learning process, at Bakti Ponorogo High School, the issue of discipline and manners is still a problem, in this case the right strategy is needed in forming discipline and manners.

This research at Bakti Ponorogo High School aims to (1) describe the way PAI teachers form students' discipline and manners (2) describe the supporting factors and inhibiting factors in forming discipline and manners (3) describe the results of forming discipline and manners.

The research method used is a descriptive qualitative research approach with a case study method that examines a phenomenon that is natural and in accordance with reality with the results of data quotations from teachers. The techniques used to collect data in this research were interviews, observation and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques used are data condensation, data presentation and drawing conclusions.

Based on the results of data analysis, it was found that (1) The PAI teacher's way of acting as a guide is to direct his students to be disciplined and polite towards teachers and older people. The teacher's role is as an example and role model for his students to comply with existing regulations at the school, such as providing an example of getting used to each other. greet when you meet, speak politely and politely to your elders. (2) Supporting factors in forming discipline and good manners at Bakti Ponorogo High School are the presence of professional educators, adequate facilities and infrastructure, including prayer rooms, fields and rooms, and teachers who behave well while providing good examples as a result of coming to school on time, say greetings when starting and ending learning. Meanwhile, the inhibiting factors at Bakti Ponorogo High School include parenting styles, the environment outside the school, the quality of the relationship between teachers and students which is still lacking, inconsistencies or sanctions in implementing the rules given which are not in accordance with violations, lack of guidance from parents when attending school. House. (3) Results of the PAl teacher's strategy to shape the disciplined character and manners of class XI students at Bakti Ponorogo High School namely, students arrive on time, attend lessons in an orderly manner, pray before and after learning. say hello when they meet, and use polite language.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif M.Pd.I.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:02
Last Modified: 24 Jun 2024 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item