Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Gaya Belajar di MA Ma'arif Klego Ponorogo

Damayanti, Anisya (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Gaya Belajar di MA Ma'arif Klego Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200238_ANISYA DAMAYANTI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ruseffendi mengatakan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual adalah faktor internal siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dapat memengaruhi hasil belajar seseorang melalui gaya belajar yang mereka pilih dan kembangkan. Berdsarakan observasi langsung terhadap siswa di MA Ma’arif Klego pada mata pelajaran akidah akhlak terdapat siswa yang masih ragu terhadap kemampuan dirinya, ada beberapa siswa yang mampu menjawab dan ada yang tidak bisa menjawab, susah di suruh menyampaikan pendapat di depan kelas, siswa kurang dapat memotivasi diri mereka dalam belajar, dan suka membolos. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap gaya belajar siswa (2) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan spiritual siswa terhadap gaya belajar siswa (3) mendeskripsikan pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak (4) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (5) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan spiritual siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak (6) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosioanl terhadap hasil belajar akidah akhlak melalui gaya belajar (7) mendeskripsikan pengaruh kecerdasan spiritual siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak melalui gaya belajar. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa dan guru akidah akhlak di MA Ma’arif Klego Ponorogo yang dipilih dengan teknik non probability sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji model fit (meliputi R-Square, F-Square, dan Q-Square) dan analisis uji hipotesis (meliputi uji jalur langsung & tidak langsung). Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap gaya belajar, (2) ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual siswa terhadap gaya belajar siswa, (3) ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak, (4) ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa, (5) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual siswa terhadapp hasil belajar akidah akhlak, (6) ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tanpa perlu menggunakan mediasi gaya belajar, (7) ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak melalui gaya belajar.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Gaya Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:57
Last Modified: 24 Jun 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item