Upaya Kepala Sekolah dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial di MIN 1 Ponorogo

Setyawan, Agus (2024) Upaya Kepala Sekolah dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190200 Agus Setyawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setyawan, Agus. 2024. Upaya Kepala Sekolah dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.

Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Penanaman Karakter, Karakter Peduli Sosial.

Karakter peduli sosial adalah sikap dan tingkah laku seseorang yang selalu ingin membantu bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. Peduli sosial tercipta karena adanya interaksi sosial yang dialami oleh seseorang. Pembentukan karakter peduli sosial peserta didik begitu penting ditanamkan melalui pendidikan di sekolah supaya peserta didik dapat memahami norma-norma yang berlaku di masyarakat
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan tentang upaya kepala sekolah dalam penanaman karakter peduli sosial di MIN 1 Ponorogo. 2) Mengeksplorasi kendala serta solusi untuk penanaman karakter peduli sosial di MIN 1 Ponorogo
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena metode ini merupakan sebuah metode penelitian yang memberatkan pada bidang pemahaman lebih terperinci atau mendalam terhadap suatu permasalahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman secara interaktif dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya kepala sekolah dalam menanamkan karakter peduli sosial siswa di MIN 1 Ponorogo yaitu pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Upaya pemahaman dilakukan sebagai dasar untuk menanamkan pemahaman peduli sosial. Upaya keteladan dilakukan kepala sekolah sebagai panutan atau contoh agar siswa meniru atau meneladani apa yang dilakukan kepala sekolah terkait peduli sosial. Upaya pembiasaan dilakukan untuk melatih siswa agar terbiasa melakukan peduli sosial. 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menanamkan karakter peduli sosial diantaranya yaitu faktor kurangnya pemahaman siswa dan faktor lingkungan. untuk mengatasi kendala tersebut kepala sekolah senantiasa berkoordinasi dengan guru untuk memberi penguatan dan pemahaman kepada siswa secara konsisten dan bekerja sama dengan orang tua dengan melakukan parenting untuk menambah wawasan orang tua terhadap pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:47
Last Modified: 24 Jun 2024 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item