Fuadiyah, Anifatul (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNANAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF KLEGO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI ANIFATUL FUADIYAH 201200236.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fuadiyah, Anifatul. 2024. Efektivitas Penggunanan Media Audio Visual Film Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas Vll di MTs Ma’arif Klego Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Dr. Retno Widyaningrum, M.Pd.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar siswa karana banyak guru menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik, menjadi kurangnya minat belajar pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran media audio visual film animasi,untuk mengetahui minat belajar siswa sejarah kebudayaan islam menggunakan media film animasi, dan mengetahui seberapa efektif model pembelajaran media audio visual film animasi.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Pengumpulan data di lakukan melalui angket , observasi terhadab pelaksanaan pembelajaran dan tes. Sempel penelitan terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent t Test, Uji Reabilitas , dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Hasil dari penerapan model pembelajaran media audio visual film animasi hasil belajar menggunakan uji reabilitas kelas eksperimen nilai prettest 70 posttes 94 hasil belajar kelas kontrol prettest 67 posttes 92 jadi hasil nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sehingga hasil belajar menggunakan audio visual menigkatkan hasil belajar siswa. (2) Terjadi peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran SKI hal ini terihat pada kelas eksperimen sebelum menggunakn rata-rata minat belajar berdasarkan uji n-gain sebesar 8% kelas kontrol, sedangkan sudah menggunakan audio visual rata-rata minat belajar siswa menjadi sebesar 57%. (3) Keefektifan media film animasi terlihat pada independent t tes menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa. Kemudian pada uji n-gain untuk kelas eksperimen yeng menggunakan media animasi kelas efektefitas sebesar 70% sedangkan kontrol 32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Retno Widyaningrum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29038 |
Actions (login required)
View Item |