Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Zakiah Darajat dan Implikasinya Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam

Nugroho, Alan Alda Nugroho (2024) Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Zakiah Darajat dan Implikasinya Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200223_ALAN ALDA NUGROHO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nugroho, Alan Alda. 2024. Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Zakiah Darajat Dan Implikasinya Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Metode, Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pendidikan.

Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam adalah cara yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman, praktik, dan penghayatan ajaran Islam. Menurut Zakiah Darajat, seorang pemikir pendidikan Islam terkemuka di Indonesia, metode tersebut bertujuan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada anak-anak sehingga mereka dapat menerimanya dan menerapkannya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode pengajaran pendidikan agama Islam perspektif Zakiah Darajat; (2) mengetahui implikasi metode pengajaran pendidikan agama Islam perspektif Zakiah Darajat terhadap pencapaian tujuan pendidikan.

Penelitian perpustakaan, disebut juga “library research”, adalah jenis penelitian pemecahan masalah yang didasarkan pada kajian menyeluruh dan kritis terhadap bahan pustaka dan sumber informasi yang relevan. Sumber data penelitian ini berasal dari buku “Metodologi Pengajaran Islam'', beberapa buku metode karya Zakiah Darajat, dan tulisan para pemikir pendidikan terkait. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi, data yang telah diperoleh kemudian diidentifikasi dan dibuat kesimpulan nya.

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa (1) metode pengajaran pendidikan agama Islam adalah cara menyampaikan bahan pelajaran agama Islam yang disampaikan kepada siswa. Tujuan metode ini adalah untuk membantu siswa memahami pelajaran dengan mudah, efektif, dan mudah diserap. Akibatnya, ada banyak cara untuk melakukannya. Zakiah Darajat menyatakan bahwa ada sepuluh pendekatan umum untuk mengajar siswa. Ini termasuk ceramah, diskusi, eksperimen, demonstrasi, tugas, sosiodrama, drill, kerja kelompok, tanya jawab, dan proyek. Dalam memilih metode ini guru dibimbing oleh tujuan pendidikan yang hendak dicapai. (2) Dalam bukunya Metodologi Pengajaran Agama Islam, Zakiah Darajat mengatakan bahwa kegiatan pengajaran harus memiliki tujuan karena setiap kegiatan yang tidak memiliki tujuan akan berjalan meraba-raba dan tidak tahu ke mana akan pergi. Memiliki tujuan yang jelas dan bermanfaat membuat orang menjadi lebih aktif, fokus, dan serius. Memilih metode juga harus dapat membantu mencapai tujuan pengajaran dengan efektif dan efisien. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan metode yang tepat akan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Sehingga guru-guru harus menggunakan metode yang sesuai dengan materi atau bahan ajar untuk mencapai tujuan yang di harapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:35
Last Modified: 24 Jun 2024 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item