Khasanah, Nur Syaidah (2024) Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Kedisiplinan Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200034_NUR SYAIDAH KHASANAH_MPI.pdf Download (794kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Khasanah, Nur Syaidah. 2024. Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Kedisiplinan Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Siswa
Implementasi merupakan proses menentukan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Implementasi manajemen kesiswaan yang ada di SMK PGRI 2 dalam meningkatkan kedisiplinan tata tertib peserta didik sudah baik dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan oleh sekolah. Hal itu tidak luput dari tugas manajemen kesiswaan. Manajemen kesiswaan sendiri tidak terlepas dari mengurus semua kegiatan siswa mulai dari mengadakan penerimaan peserta didik baru, mengadakan masa pengenalan lingkungan sekolah, yang dilanjutkan dengan mengelola peserta didik melalui pembinaan kedisiplinan yang dituang dalam kegiatan sekolah. Dari kerja sama antara waka kesiswaan, guru, serta orang tua akan mengembangkan sikap disiplin pada diri siswa, sebagaimana halnya pada tata tertib yang ada di SMK PGRI 2 Ponorogo ini dalam setiap harinya bisa dilihat perkembangan anak-anak untuk mematuhi aturan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan budaya kedisiplinan siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo; (2) strategi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan budaya kedisiplinan di SMK PGRI 2 Ponorogo; (3) implikasi dari manajemen kesiswaan dalam meningkatkan budaya kedisiplinan siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan lokasi berada di SMK PGRI 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menurut Huberman, Miles, dan Saldana yang telah digunakan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi manajemen kesiswaan yang ada di SMK PGRI 2 dalam meningkatkan kedisiplinan tata tertib peserta didik sudah baik dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan oleh sekolah. Adapun upaya-upaya yang dilakukan ada tiga yaitu pengarahan, pembinaan, dan teguran. (2) Strategi yang digunakan di SMK PGRI 2 Ponorogo ini sudah teratur dan sistematis. Ada beberapa strategi yang digunakan yaitu kesepakatan awal mulai tata tertib diterima oleh wali siswa (orang tua) pada saat pendaftaran siswa baru, meningkatkan organisasi yang ada di sekolah, memberi contoh/teladan, peraturan/tata tertib, konsisten, tegas, bekerja sama. Jadi dengan adanya strategi yang digunakan ini dapat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan yang ada di sekolah. (3) Implikasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan budaya kedisiplinan yang ada di SMK PGRI 2 Ponorogo. Keberhasilan disiplin ini yang dapat dilihat dari beberapa aspek mulai dari datang tepat waktu, patuh pada aturan tata tertib, mengerjakan serta mengumpulkan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan, dari segi sikap, perilaku, maupun pembiasaan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28991 |
Actions (login required)
View Item |