Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo

Sari, Pita (2024) Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200036-PITASARI-MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sari, Pita. 2024. Manajemen Kesisiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq M.BA.

Kata Kunci: Manajemen kesiswaan, akademik, non akademik, siswa.

Siswa merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu lembaga pendidikan. Setiap siswa tentunya memiliki kompetensi yang berbeda-beda sehingga membutuhkan adanya pelayanan yang baik untuk dapat menunjang pretasinya. Karena tanpa adanya suatu pelayanan yang baik dan berkualitas tentunya siswa akan kesulitan untuk menciptakan prestasi yang unggul. Prestasi sendiri dibedakan menjadi dua yakni prestasi akademik dan non akademik. Oleh karena itu, dalam suatu sekolah perlu adanya pengelolaan manajemen kesiswaan yang baik sehingga untuk penataan dan pengaturan seluruh proses kegiatan yang berkaitan dengan siswa dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Adapun tujuan penelitian ini yakni sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. (2) Untuk mengetahui dan menganalisi pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi manajemen kesiswaan dan meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan dilakukan pada setiap awal tahun. Melalui kegiatan forum rapat, guna membahas terkait apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mensukseskan berjalannya kegiatan siswa secara akdemik dan non akademik. (2) Pelaksanaan akademik, pembinaan dilakukan setiap hari yang meliputi identifikasi kecerdasan, seleksi dan penempatan siswa, pengarahan dan motivasi belajar, pembinaan siswa. Pelaksanaan non akademik dilaksanakan diluar jam pelajaran, meliputi mengadakan kegiatan non akademik, memotivasi keikutsertaan, pengelompokkan siswa, memilih guru pembina (3) Evaluasi akademik, dilaksanakan setiap tengah semester, pada kegiatan perlombaan dilakukan setiap satu bulan sekali dan triwulan. Evaluasi dapat berupa tes tulis, lisan dan praktik sesuai dengan kebutuhan, membandingkan antara hasil dan target, serta mengikusertakan siswa pada lomba seperti olimpiade dan OSN. Evaluasi non akademik, dilakukan setiap satu semester sekali. Evaluasi dapat berupa tes praktik, membandingkan antara hasil dan target serta dengan mengikutsertkan siswa pada lomba seperti porseni dan aksioma.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:15
Last Modified: 24 Jun 2024 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28990

Actions (login required)

View Item View Item