PROFIL KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF BETON

Sangidah, Silfi Nur (2024) PROFIL KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF BETON. Undergraduate (S1) thesis, IAIN ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESIS SILFI NUR SANGIDAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sangidah, Silfi Nur. 2024, Profil Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pembelajaran IPA ditinjau dari Hasil Belajar pada Siswa Kelas V Mi Ma'arif Beton. Skripsi. Jurusan Pendidikan guru Madrasah ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M. Pd.

Kata Kunci : Berpikir logis, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Dalam proses pembelajaran, terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar, salah satunya dalam menyelesaikan masalah pembelajaran IPA. dalam menyelesaikan masalah tersebut diperlukan kemampuan berpikir logis pada diri siswa. Kemampuan yang dimiliki siswa tentunya berbeda-beda, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan yang berbeda-beda tersebut tentunya dipengaruhi oleh faktor faktor tertentu, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam hal ini guru dan orang tua memiliki peran yang penting untuk mendampingi proses belajar siswa. MI Ma’arif Beton salah satu madrasah yang telah menerapkan kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan pembelajaran IPA pada siswa kelas V. Maka sangat relavan peneliti meneliti tentang kemapuan berpikir logis ditinjau dari hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah pembelajaran IPA ditinjau dari hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Beton Ponorogo. 2) Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah pembelajaran IPA ditinjau dari hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Beton Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi: kondensasi data, penyajian data, serta menggambarkan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil Penelitian ini menunjukkan : 1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam pembelajaran IPA dibedakan menjadi 3 tingkat yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi mampu menyelesaikan masalah pada pembelajaran IPA dengan baik karena hasil belajar yang diperoleh siswa lebih dari 90 berdasarkan acuan tingkat kemampuan berpikir logis siswa dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu 91, sedangkan siswa yang berkemampuan sedang cukup mampu dalam menyelesaikan masalah pembelajaran IPA, karena hasil belajar yang diperoleh siswa diantara 48-90, berdasarkan acuan tingkat kemampuan berpikir logis siswa dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu 85, 80, 76, dan 72, kemudian siswa yang berkemampuan rendah kurang mampu dalam menyelesaikan masalah pembelajaran IPA karena hasil belajar yang diperoleh siswa kurang dari 48, berdasarkan acuan tingkat kemampuan berpikir logis siswa dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu 45 dan 35. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis siswa diantaranya yaitu kondisi fisik, motivasi dari guru, orang tua, dan teman. Serta strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:11
Last Modified: 24 Jun 2024 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item