..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo)

'Indi, Afroyin (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 206200005 AFROYIN INDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
‘Indi, Afroyin. 2024. Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran. Dapat diketahui pendidik merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan di Indonesia. Problematika ini harus ditingkatkan dengan memberikan pemantauan. Dikarenakan kegiatan pendidikan paling penting di sekolah yakni kegiatan belajar, sehingga semua organisasi madrasah merencanakan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Kepala madrasah memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu-mutu pembelajaran di madrasah. Salah satu tugas pokok kepala madrasah yaitu melakukan supervisi akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui mengenai fakta kompetensi pedagogik sebelum adanya supervisi akademik (2) mengetahui langkah-langkah supervisi akademik (3) mengetahui implikasi supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan penelitian model deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kompetensi pedagogik guru di MTsN 3 Ponorogo telah memenuhi standar kriteria pendidikan. Namun ada beberapa aspek yang belum dikuasai oleh guru MTsN 3 ponorogo. Diantaranya perlunya adaptasi mengenai pembaruan kurikulum, pengembangan strategi pembelajaran evaluasi belajar peserta didik, serta peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, (2) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan di MTsN 3 Ponorogo ada beberapa tahapan. Yang pertama perencanaan, dalam perencanaan kepala madrasah membuat tim supervisi meliputi WaKa dan guru senior. Kedua, pelaksanaan supervisi, supervisor mengamati guru yang disupervisi dalam proses pembelajaran serta menyamakan dengan instrumen supervisi. Ketiga evaluasi, dalam evaluasi ini ada dua teknik yang digunakan yaitu teknik individual dan teknik kelompok. Keempat, tindak lanjut yang dilakukan untuk menindaklanjuti hasil supervisi, (3) Setelah adanya supervisi membawa perubahan pada kompetensi pedagogik meliputi: guru lebih faham dalam membuat perangkat pembelajaran, guru lebih mudah memahami perilaku dan karakteristik siswa, guru lebih mudah dalam menggunakan teknologi proses pembelajaran meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:10
Last Modified: 24 Jun 2024 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28984

Actions (login required)

View Item View Item