Ghufron, Muhammad Fatkhul (2024) INTERNALISASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200140_Muhammad Fatkhul Ghufron_Pendidikan Agama Islam-2.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan humanis merupakan suatu pedoman untuk mengatur perilaku manusia demi terwujudnya manusia-manusia yang dapat memanusia manusia. Pendidikan humanis yang ditanamkan kepada peserta didik untuk mengubah pendidikan yang bersifat dehumanisasi. Dalam mengubah Pendidikan yang besifat dehumanissasi penanaman konsep pendidikan humanis hadir meliputi: Manusia sebagai subjek belajar, pendidikan sebagai sarana penyadaran, pendidikan sebagai sarana pembebasandan dan pendidikan dialogis yang merupakan sebagai upaya dalam menciptakan kultur pembelajaran akidah akhlak yang humanis di MAN 3 Madiun.
Fokus pada penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana internalisasi pendidikan humanis dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun 2.) Apa kendala internalisasi pendidikan humanis dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1.) Untuk mendeskripsikan internalisasi pendidikan humanis dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun. 2.) Menganalisis kendala dalam internalisasi pendidikan humanis dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain pendidik dan peserta didik MAN 3 Madiun. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini meliputi: 1.) Internalisasi pendidikan humanis dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun ini memang sudah benar dilaksanakan, dalam hal ini pendidik di madrasah mengedepankan nilai kemanusiaan termasuk dalam pembelajaran akidah akhlak, sehingga kultur pembelajaran yang terjadi ialah peserta didik akan lebih memiliki hak dalam proses pembelajaran meliputi: kebebasan berpendapat, peserta didik yang dijadikan subjek pembelajaran sehingga pendidik akan menjadi teman belajar bagi peserta didik, penanaman kesadaran kritis kepada peserta didik dan pendidikan dengan kultur dialogis sebagai bentuk cerminan nilai humanis dalam pembelajaran 3.) kendala dari internalisasi pendidikan humanis ini meliputi: peserta didik yang masih cenderung pasif, orang tua, pendidik, dan tema
n.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Sulton |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28983 |
Actions (login required)
View Item |