Pengembangan Media pembelajaran Education Gift Box (DUGIBO) Materi Ide Pokok Bermuatan Wawasan Lingkungan Hidup untuk Mengasah Keterampilan Membaca Siswa Kelas 5 di MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo

Istiqomah, Istiqomah (2024) Pengembangan Media pembelajaran Education Gift Box (DUGIBO) Materi Ide Pokok Bermuatan Wawasan Lingkungan Hidup untuk Mengasah Keterampilan Membaca Siswa Kelas 5 di MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
E-THESIS ISTIQOMAH-203200182-PGMI-NEW.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Istiqomah. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Education Gift Box (DUGIBO) Materi Ide Pokok Bermuatan Wawasan Lingkungan Hidup untuk Mengasah Keterampilan Membaca Siswa Kelas 5 di MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, lingkungan hidup, media pembelajaran.

Pembelajaran Bahasa Indonesia memerlukan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Media pembelajaran menjadi titian antara guru dengan peserta didik yang membantu kedalaman pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Selain mengangkat materi sesuai kurikulum yang berlaku, wawasan dalam media pembelajaran perlu dikembangkan berdasarkan kebutuhan. Salah satu tema yang perlu dijadikan perhatian yaitu terkait wawasan lingkungan hidup, dimana saat ini kerusakan lingkungan di lingkungan sekitar peserta didik mengalami perubahan ke arah yang memprihatinkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran DUGIBO (Education Gift Box) Bermuatan Wawasan Lingkungan Hidup pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 di MI Ma’arif Kadipaten, Ponorogo; dan (2) Menjelaskan kevalidan media pembelajaran DUGIBO (Education Gift Box) Bermuatan Wawasan Lingkungan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas 5 di MI Ma’arif Kadipaten, Ponorogo.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pengembangan atau Research dan Development dengan model penelitian 4D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5A MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus percentages correction.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa berdasarkan hasil uji validasi ahli, penilaian media DUGIBO aspek media memperoleh nilai rata-rata 96,6%, aspek materi mendapatkan rata-rata 99%, dan aspek bahasa memeroleh nilai rata-rata 95,7%. Sehingga, hasil nilai rata-rata ketiga aspek DUGIBO berdasarkan validasi ashli sebesar 97,1%. Sementara itu, hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 93,9%. Jika ditarik rata-rata dari keduanya, maka kevalidan media DUGIBO mencapai nilai 95,5%. Berdasarkan nilai tersebut, media DUGIBO bermuatan wawasan lingkungan hidup dikategorikan sangat layak, sehingga media DUGIBO layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:08
Last Modified: 21 Jun 2024 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28979

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item