Pemanfaatan Model Pembelajaran ICT Media Audiovisual untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Qur'an Hadits di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo

Annurun, Naafi'u (2024) Pemanfaatan Model Pembelajaran ICT Media Audiovisual untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Qur'an Hadits di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200146_NAAFI'U ANNURUN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Annurun, Naafi’u,2024. Pemanfaatan Model Pembelajaran ICT Media
Audiovisual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata
Pelajaran Qur’an Hadis Di MTs PGRI Gajah Sambit. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd
Kata Kunci: Pemanfaatan, Model pembelajaran ICT, Audio Visual, Minat Belajar
Media audiovisual merupakan media yang dapat memberikan bantuan
stimulus bagi peserta didik melalui dua Indera yaitu Indera pendengar dan Indera
melihat secara bersamaan dalam kegiatan pembelajaran. Kurangnya minat belajar
peserta didik pada mata pelajaran qur’an hadis menjadikan pembelajaran kurang
menarik dan kurang efektif dikarenakan peserta didik cenderung bosan dengan
materi yang dijelaskan oleh pendidik. Maka dari itu sekolah memanfaatkan media
pembelajaran untuk membantu meningkatkan daya tarik peserta didik pada
pelajaran Qur’an Hadis ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan tentang (1) Pemanfaatan model
pembelajaran ICT media audiovisual pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs
PGRI Gajah (2) Faktor penghambat dalam pemanfaatan model pembelajaran ICT
media audiovisual pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Gajah dan (3)
Implikasi dari pemanfaatan model pembelajaran ICT melalui media audiovisual
pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Gajah.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan
Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan
menggunakan model analisis Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pemanfaatan model pembelajaran
ICT melalui media audiovisual di MTs PGRI Gajah ini menggunakan media vidio
yaitu dibagikan oleh guru secara personal yang mana guru mempersiapkan terlebih
dahulu setelah itu guru mendemostrasikan materi yang diberikan melalui media
tersebut. (2) Hambatan dari pemanfaatan model pembelajaran ICT melalui media
audiovisual ini adalah jaringan internet yang masih sulit diakses mengakibat kurang
efektifnya kegiatan pembelajaran namun ada faktor pendukung dalam
pemanfaatannya yaitu guru juga menyiapkan media yang akan digunakan terlebih
dahulu untuk mengantisipasi tidak stabilnya jaringan. (3) Implikasi dari
pemanfaatan model pembelajaran ICT melalui media audiovisual ini cukup baik
karena dengan pemanfaatan media peserta didik lebih tertarik, semangat aktif serta
mudah memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:03
Last Modified: 21 Jun 2024 07:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item