Pengembangan Media Kopica Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bernuansa Toleransi Beragama Pada Siswa Kelas I MIT Darul Muttaqien Magetan

Andita, Putri (2024) Pengembangan Media Kopica Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bernuansa Toleransi Beragama Pada Siswa Kelas I MIT Darul Muttaqien Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis 203200084 Putri Andita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Andita, Putri. 2024. Pengembangan Media Kopica untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bernuansa Toleransi Beragama Pada Siswa Kelas I MIT Darul Muttaqien Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kopica, Keterampilan Membaca Permulaan, Kelas I
Rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa serta perlunya penanaman sifat toleransi beragama, menjadikan perlu pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan serta menanamkan sifat toleransi beragama. Media Kopica bernuansa toleransi beragama merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan, serta menanamkan sifat toleransi beragama yang dikemas dengan gambar dan tema yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan paparan tersebut, dilakukan penelitian yang menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan serta dapat menanamkan sikap toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Kopica untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan bernuansa toleransi beragama, (2) mendeskripsikan keefektifan media Kopica untuk peningkatan keterampilan membaca permulaan bernuansa toleransi beragama.
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE yang mempunyai empat tahapan di antaranya ; Analyze, Design, Development, Implementasion, Evaluate. Penelitian ini dilakukan pada kelas I MIT Darul Muttaqien Magetan. Berdasarkan analisis data penilaian validasi keseluruhan menghasilkan nilai sebesar 89% untuk validasi media Kopica, 88% untuk validasi materi dan 88% untuk validasi bahasa menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan sangat layak.
Berdasarkan analisis data menggunakan rumus Paired Samples t-test dengan bantuan SPSS 19, menunjukkan bahwa uji coba meningkatan keterampilan membaca permulaan siswa memiliki nilai probabilitas (Sig) 0,000 yang artinya memiliki tingkat kesalahan ≤ 0,05, yang artinya terdapat perbedaan keterampilan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah digunakannya media Kopica. Jadi, media Kopica bernuansa toleransi beragama efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MIT Darul Muttaqien Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:58
Last Modified: 21 Jun 2024 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28961

Actions (login required)

View Item View Item