Mufarrohah, Imro Atul (2024) Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran SKI di MTs Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E Thesis IMRO ATUL MUFARROHAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam dalam perkembangannya selalu mendapatkan permasalahan dan tantangan dalam proses pembelajarannya. Permasalahan tersebut yakni peserta didik yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran, terlihat bosan karena metode yang digunakan monoton, lesu dan tidak memiliki semangat belajar. Kemudian, kurangnya kreativitas dalam proses pembelajaran menjadikan peserta didik kurang bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran, sehingga berujung pada suasana belajar mengajar di kelas menjadi kurang bermakna. Oleh karena itu diperlukan adanya kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Putri Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) untuk mendeskripsikan persiapan guru dalam menentukan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Putri Ma’arif Ponorogo; (2) untuk menjelaskan faktor pendorong dan penghambat kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Putri Ma’arif Ponorogo; (3) untuk memaparkan hasil dari kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Putri Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, display data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan guru dalam menentukan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Putri Ma’arif Ponorogo terdapat dua persiapan yaitu persiapan tertulis berupa silabus, RPP, dan sumber belajar dan persiapan tidak tertulis seperti persiapan ice breaking, mental, pemilihan metode yang sesuai dengan materi, penguasaan bahan/materi, memahami karakter atau latar belakang peserta didik, serta lingkungan belajar yang nyaman; (2) faktor pendorong meliputi pelatihan atau seminar, sarana dan prasarana, dan antusias peserta didik. Faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan menurunnya semangat peserta didik; (3) hasil kreativitas guru diketahui melalui hasil belajar seperti nilai raport, UH, UTS UAS dan nilai akhir. Pemahaman dilihat dari hasil penugasan yang diberikan guru. Keaktifan seperti mulai berani dalam menyampaikan pendapat atau tanggapan didepan teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yusmicha Ulya Afif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 06:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 06:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28957 |
Actions (login required)
View Item |