..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Tarbiyatush Shahabah dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Era 4.0

Handayani, Muh. Syafa' Santoso (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Tarbiyatush Shahabah dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Era 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201200137_MUH. SYAFA' SANTOSO HANDAYANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diera 4.0, kita menyaksikan fenomena yang mengkhawatirkan beriringan dengan kemajuan teknologi, yaitu penurunan karakter. Penurunan karakter ini misalnya seperti menurunnya sikap toleransi antar sesama, kurangnya kepercayaan diri, ataupun kurangnya kemampuan berpikir kritis. Tentunya penurunan nilai karakter ini dapat memberikan dampak yang buruk, baik individu maupun sosial bermasyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Tarbiyatush Shahabah dan (2) mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Tarbiyatush Shahabah terhadap pendidikan karakter di era 4.0.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari buku Tarbiyatush Shahabah sebagai sumber data primer dan literatur lainnya sebagai sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan teknik analisis isi. Data hasil penelitian ini menggunakan konsep dari Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) Tarbiyatush Shahabah terdapat 12 nilai Pendidikan karakter dari 18 nilai karakter yang ada, yaitu: nilai religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, komunikatif, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab, kreatif, dan rasa ingin tahu. (2) Buku Tarbiyatush Shahabah memiliki relevansi dengan pendidikan karakter di era 4.0, yaitu: pendidikan karakter 4.0 (berpikir kritis) meliputi: nilai religius, nilai rasa ingin tahu, nilai kejujuran, nilai toleransi dan cinta damai, pendidikan karakter 4.0 (kejujuran) meliputi: nilai kreatif dan demokratis, nilai tanggung jawab, dan nilai religius, pendidikan karakter 4.0 (komunikatif) meliputi: nilai komunikatif atau bersahabat, toleransi, dan nilai religious, pendidikan karakter 4.0 (kolaborasi) meliputi: nilai disiplin dan tanggung jawab, nilai peduli, dan nilai kerja keras, dan pendidikan karakter 4.0 (kepercayaan diri) meliputi: nilai demokratis dan toleransi, nilai religius, nilai disiplin, nilai cinta damai nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:53
Last Modified: 21 Jun 2024 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28951

Actions (login required)

View Item View Item