Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Mewujudkan Visi Berbudaya Lingkungan di Sekolah Adiwiyata MAN 4 Madiun.

Nurullatifah, Nurullatifah (2024) Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Mewujudkan Visi Berbudaya Lingkungan di Sekolah Adiwiyata MAN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP_201200160_NURULLATIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurullatifah. 2024. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Mewujudkan Visi Berbudaya Lingkungan di Sekolah Adiwiyata MAN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Mambaul Ngadhimah, M. Ag.
Kata Kunci: Hidup Bersih, Berbudaya Lingkungan, Sekolah Adiwiyata.
Globalisasi membawa dampak negatif pada lingkungan. Seperti maraknya polusi, minimnya ruang hijau, dan masalah pembuangan sampah. Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah ialah usaha untuk memberdayakan setiap warga sekolah agar memiliki pengetahuan, kemauan, kemampuan menjaga kesehatan mereka sendiri serta berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang sehat.
Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan (1) Relevansi nilai ajaran Islam dengan adiwiyata. (2) Latar belakang budaya lingkungan sekolah adiwiyata, (3) Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan visi berbudaya lingkungan, (4) Kontribusi dari penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam mewujudkan visi berbudaya lingkungan di sekolah adiwiyata.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari kondensasi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Relevansi nilai Islam dengan adiwiyata: a) nilai akidah dengan membaca doa sebelum melaksanakan kegiatan adiwiyata, meyakini setiap perbuatan dalam pengawasan Allah SWT. b) nilai ibadah dengan perawatan tanaman, membersihkan lingkungan dengan ikhlas karena setiap perbuatan baik bernilai Ibadah. c) nilai akhlak pada lingkungan dengan penanaman pemeliharaan tanaman, konferensi air, konferensi energi, hidroponik, biopori. (2) Latar belakang sekolah adiwiyata di MAN 4 madiun, adanya Kebijakan Pemerintah yaitu program adiwiyata sebagai upaya penyelamatan lingkungan melalui sekolah. Sehingga MAN 4 Madiun ingin mengupayakan dengan mempertimbangkan visi, misi yang sudah mencantumkan aspek lingkungan di dalamnya, hingga pada akhirnya mendaftarkan diri sebagai sekolah adiwiyata. (3) Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat melalui 4 komponen. a) kebijakan berwawasan lingkungan, dalam visi misi mencantumkan tentang lingkungan; SK Bupati Madiun tentang penetapan sekolah adiwiyata Kabupaten Madiun. b) pelaksanaan kurikulum berbasis partisipatif, mengintegrasikan lingkungan dengan mata pelajaran biologi, ekonomi, pendidikan jasmani dan kesehatan. c) kegiatan lingkungan berbasis partisipasif yaitu, kebiasaan cuci tangan, memiliki jadwal piket kebersihan toilet, buang sampah pada tempatnya. d) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan yaitu pengomposan, daur ulang, menjalin kerja sama dengan bank sampah (4) kontribusi perilaku hidup bersih dan sehat dalam mewujudkan visi berbudaya lingkungan meliputi, mampu memahami dan sadar terhadap kondisi lingkungan saat ini, mampu merumuskan upaya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dan sehat, mewujudkan kepeduliannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah sebagai satu unit ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:42
Last Modified: 21 Jun 2024 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28935

Actions (login required)

View Item View Item