Model Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo

Mahesti, Ida Avira Putri (2024) Model Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ida Avira Putri Mahesti 201200309.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahesti, Ida Avira Putri. 2024. Model Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran online, keaktifan belajar siswa
Untuk mendapatkan sebuah keberhasilan dalam pembelajaran maka guru akan membutuhkah sebuah model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran online adalah suatu pola pembelajaran yang telah dibentuk dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi yang sedang berkembang pada saat ini. Dalam pelaksanaan model pembelajaran online ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) pelaksanaan model pembelajaran online dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan model pembelajaran online dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo; (3) implikasi dari pelaksanaan model pembelajaran online dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Jetis 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan sesuatu fenomena yang telah terjadi di lokasi penelitian yaitu SMK Jetis 1 Ponorogo, data dan sumber data yaitu data primer yang berupa wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, waka kurikulum dan siswa, sedangkan data sekunder yaitu buku, jurnal dan laporan data kondisi sekolah. Pengambilan data untuk penelitian ini dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber, member check, audit trail, dan peer review, dan yang terakhir adalah tahap penelitian yang dibagi menjadi 3 yaitu tahap perencanaan, tahap pengerjaan penelitian dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian ini ada 3 yaitu: pertama, adalah mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran online yang mana dilakukan dengan fleksibel yaitu sesuai situasi dan kondisi yang terjadi, sehingga model pembelajaran online bukanlah model pembelajaran tetap yang bisa ditulis persentasenya, dalam penggunaan bentuk model pembelajaran online ini adalah Hybrid Courses. Kedua, faktor penghambat dan faktor pendukung dibedakan menjadi 3 macam yaitu dari guru, siswa dan fasilitas. Ketiga, implikasi model pembelajaran online ini ada 2 macam yaitu negatif bagi siswa karena jika terlalu sering digunakan akan membuat siswa kecanduan, sedangkan implikasi positifnya yaitu membuat siswa semakin meningkatkan keaktifan belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:25
Last Modified: 21 Jun 2024 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28911

Actions (login required)

View Item View Item