Windyansyah, Annisa Wahyu (2024) PERAN BU NYAI DALAM MENINGKATKAN MUTU HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PONDOK PESANTREAN PUTRI AL-MUNJIYAH DURISAWO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ANNISA WAHYU WINDYANSYAH_201200021.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Windyansyah, Annisa Wahyu. 2024. Peran Bu Nyai dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Bu Nyai, Mutu Hafalan Al-Qur’an, Santri
Problematika menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah yang masih hingga saat ini yaitu malas sima’an, tidak istiqomah, terlalu berambisi dalam menambah hafalan baru, tidak bersungguh-sungguh, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, tidak menguasai tajwid dan tidak fasih ketika membaca Al-Qur’an, tempat menghafal, dan hubungan dengan lingkungan pesantren.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo; (2) Untuk menjelaskan faktor mempengaruhi peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo; (3) Untuk menjelaskan dampak dari peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas menghafal santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Untuk pengecekan keabsahan penelitian dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan,dan triangualasi.
Adapun hasil dari penelitian yaitu: (1) Peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah adalah sebagai leader yaitu teladan, pengawasan, pembimbing, dan motivator terkait tahfidz, tajwid, kefasihan. Teladan melalui pengajian Al-Qur’an dengan metode talaqqi, dan wiridan. Pengawasan melalui absensi kehadiran dan target pencapaian. Bimbingan melalui pengajian Al-Qur’an dengan metode talaqqi, ziyadah, muraja’ah, tasmi’, muqodaman, dan ujian publik. Motivasi melalui kitab Faḍalil Al-Amal dan tasyakuran; (2) Faktor yang mempengaruhi peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah. Faktor pendukung adalah kemampuan membaca Al-Qur’an lancar dan baik, memiliki sifat sabar dan mendapatkan motivasi dari keluarga, faktor kesehatan, faktor psikologi, faktor kecerdasan, faktor motivasi. Faktor penghambat yaitu malas sima’an, tidak istiqomah, terlalu berambisi dalam menambah hafalan baru, tidak bersungguh-sungguh, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, tidak menguasai tajwid dan tidak fasih, tempat menghafal, dan hubungan dengan lingkungan pesantren; (3) Dampak dari peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas menghafal santri Pondok Pesantren Putri Al-Munjiyah Durisawo, santri lancar dan tidak ada kesalahan dalam menghafal, dari mahir dalam memahami hukum dan kaidah tajwid. Kefasihan santri saat melafalkan ayat Al-Qur’an. Dan santri yang berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an dengan kualitas yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:12 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28866 |
Actions (login required)
View Item |