..(TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI USIA 13 - 15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL UMMAH

PUSPITASARI, ANEKESYA (2024) ..(TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI USIA 13 - 15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL UMMAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
skripsi Anekesya materai_060611.pdf

Download (9MB)

Abstract

Puspitasari, Anekesya, 2024. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Diri Santri Usia 13-15 Tahun di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Pembimbing M. Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Penyesuaian Diri, Santri.
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, manusia akan membutuhkan manusia lain dalam memenuhi kebutuhannya. Interaksi yang dilakukan manusia tidak dapat berjalan sempurna apabila ia tidak mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Salah satu lembaga yang di dalamnya banyak melatih kemampuan bersosialisasi dari masing-masing individu yang berda dalam lembaga tersebut adalah pondok pesantren.
Dengan latar belakang tersebut, peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri santri usia 13-15 tahun di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 72 santri yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan dalam mengukur variabel pada penelitian ini yaitu skala kecerdasan emosional yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek kecerdasan emosional Goleman dan skala penyesuaian diri oleh Schneiders.
Hasil analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS V.23 diperoleh hasil nilai korelasi (r) kedua variabel sebesar 0,626 dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga dikatakan p < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan penyesuaian diri santri usia 13-15 tahun yang ada di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD NURDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:03
Last Modified: 20 Jun 2024 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item