Hiperrealitas Simulakra Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo Dalam Penggunaan Media Sosial TikTok

Aditya, Bambang (2024) Hiperrealitas Simulakra Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo Dalam Penggunaan Media Sosial TikTok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-TESIS BAMBANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aditya, Bambang, 2024. Hiperrealitas Simulakra Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo Dalam Pengunaan Media Sosial TikTok. Skripsi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.

Kata kunci: Hiperrealitas Simulakra, Mahasiswa, TikTok,

Perkembangan teknologi hari ini membawa peradaban baru baru dalam dunia sosial masyarakat. Munculnya berbagai paltfrom media sosial dengan berbagai fitur yang ditawarkan mendorong masyarakat untuk bebas bereksplorasi dalam dunia virtual. TikTok menjadi salah satu media sosial yang hari ini sedang ramai digunakan oleh berbagai kalangan, tak terkecuali para mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. Dalam penggunaanya TikTok telah memunculkan sebuah fenomena yang disebut Jean Baudrillard sebagai hiperrealitas simulakra. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahi secara detai bentuk-bentuk hiperrealitas yang terjadi pada pengguna TikTok dikalangan mahasiswa KPI IAIN Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah milik Jean Baudrillard yaitu hiperrealitas simulakra. Hasil temuan yang peneliti secara gambaran umum terkait hiperrealitas simulakra pada media sosial TikTok dan hiperrealitas simulakra yang terjadi pada mahasiwa FUAD IAIN Ponorogo.
Adapun hasil penelitian menujukan adanya bentuk hipperealitas simulakra mahasiswa KPI IAIN Ponorogo yang di simulasikan melalui ilusi virtual. Bentuk ini dimunculkan melalui peleburan antara realitas yang real dengan realitas semu pada fitur TikTokShop dan live. Bentuk-bentuk peniruan diluar realitas asli pemilik akun dengan menirukan konten-konten yang sedang viral. Serta pembentukan citra melalui realitas kehidupan yang di gambarkan melalui kehidupan virtual berupa konten yang di posting. Hiperrealitas menjadi hasil dari efek pengekspresian diri dari pengguna TikTok. Seolah bentuk pengekspresian dalam dunia virtual diangap sebagi sebuah realitas yang nyata melebihi realitas aslinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:01
Last Modified: 20 Jun 2024 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item