Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kreatif dan Gotong Royong bagi Siswa di SMP Negeri 6 Ponorogo

Rosyda, Mildaniah Kholifatu (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kreatif dan Gotong Royong bagi Siswa di SMP Negeri 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MILDANIAH KHOLIFATU.R_201200128_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan menekankan pada pengembangan karakter. Pendidikan nilai dan karakter memainkan peran penting dalam menyeimbangkan perkembangan teknologi dan manusia di dunia global saat ini. Rendahnya partisipasi pelajar dalam kegiatan sosial atau masyarakat, seperti kegiatan gotong-royong atau kegiatan amal. Serta terlalu banyak tekanan akademik yang menghambat waktu dan energi untuk aktivitas kreatif di luar jam sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) latar belakang diterapkannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 6 Ponorogo; (2) implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter kreatif dan gotong royong bagi siswa di SMP Negeri 6 Ponorogo; dan (3) implikasi penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 6 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain naturalistik berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik, guru, serta kepala sekolah SMP Negeri 6 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa data ditemukan bahwa (1) latar belakang penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 6 Ponorogo yang sudah ada sejak diterapkannya Kurikulum Merdeka pada tahun 2022. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang untuk memungkinkan peserta didik untuk meneliti, memecahkan suatu masalah, dan membuat sebuah keputusan. (2) implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter kreatif dan gotong royong bagi siswa di SMP Negeri 6 Ponorogo terdiri dari 3 tema yakni tema demokrasi, gaya hidup berkelanjutan, serta bangun jiwa dan raga. (3) implikasi diterapkannya projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 6 Ponorogo antara lain adanya kerjasama antar seluruh warga sekolah, keberanian menyampaikan pendapat, menumbuhkan kompetensi serta kreatifitas peserta didik, mandiri, dan menumbuhkan komunikasi bagi seluruh warga sekolah.
Kata Kunci : P5, karakter kreatif, karakter gotong royong

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:48
Last Modified: 20 Jun 2024 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item