Qurroti, Akyunina (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peram guru dalam menstimulus kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Muslimat NU 003 Cekok, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI QURROTI AKYUNINA WATERMARK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi, dengan bahasa orang dapat saling bertegur sapa, bertukar pikiran untuk memenuhi kebutuhannya. Guru dan orang tua harus selalu memperhatikan perkembangan anak tersebut. Peran sebagai seorang pendidikanak usia dini yaitu peran untuk mengetahui bakat, minat yang dapat dimilki pada diri anak usia dini dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini. Berdasarkan fakta yang ditemukan di RA Muslimat NU 003 Cekok Ponorogo permasalahan yang ditemukan yakni perkembangan kemampuan berbahasa anak usia dini yang belum optimal yaitu pada indicator aspek berbicara dan berpartisipasi dalam percakapan.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pada peran guru sebagai pelatih dalam menstimulus kemampuan berbahasa pada aspek berbicara pada anak usia dini di RA Muslimat NU 003 Cekok (2) Untuk mendeskripsikan pada peran guru sebagai pembimbing dalam menstimulus kemampuan berbahasa pada aspek berbicara anak usia dini di RA Muslimat NU 003 Cekok (3) untuk mendeskripsikan pada dampak dari peran guru dalam menstimulus kemampuan berbahasa anak usia dini pada aspek berbicara anak usia dini usia 4-6 Tahun di RA Muslimat NU 003 Cekok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif. Jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman langkah-langkahnya yaitu: (1) Reduksi data; (2) Display data; (3) Kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peran guru sebagai pelatih dalam menstimulus kemampuan berbahasa anak memberikan kegiatan yang dapat memfasilitasi anak dalam melatih berbicara dan media yang digunakan guru dalam melatih kelancaran dalam berbicaranya contoh kegiatan yaitu merangkai rangkaian huruf, membaca alphabet dasar. (2) peran guru sebagai pembimbing dalam menstimulus kemampuan berbahasa guru setiap hari membimbimbing anak dengan membangun komunikasi dengan anak sehingga kemampuan anak dalam berkomunikasi lisan bisa meningkat secara optimal contohnya diajak untuk bercakap, sedangkan di kelas menggunakan metode peran agar anak melatih untuk berbicara. (3) dampak dari peran guru dalam menstimus kemampuan berbahasa : perkembangan bahasa anak melalui berbicara dapat berkembang dengan teknik bercerita, dengan bercerita anak terlihat aktif ikut berbicara kepada guru, tahap perkembang bahasa anak akan berkembang dengan cara menuntun anak untuk melakukan kegiatan yang sedang dilakukan oleh guru seperti permainan tebak huruf.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Evi Mu'afiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28823 |
Actions (login required)
View Item |