Aini, Fillah Nur (2024) Analisis Keadilan Dan Transparansi Perspektif Imam Al-Ghazali Terhadap Penaksiran Harga Jasa Servis Handphone Pada Konter El-bass Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
FILLAH NUR AINI 102200026 HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Aini, Fillah Nur. 2024. Analisis Keadilan dan Transparansi Perspektif Imam Al-Ghazali Terhadap Penaksiran Harga Jasa Servis Handphone Pada Konter El-bass Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata Kunci :Keadilan, Transparansi, Penaksiran Harga.
Bisnis yang baik adalah bisnis yang menguntungkan, taat hukum dan berlandaskan keadilan dan transparansi. Oleh karena itu, pemilik0bisnis hendaknya berpegang teguh pada prinsip yang kuat sehingga dapat mengantarkan aktivitas bisnis yang nyaman dan berkah. Imam al-Ghazali menekankan beberapa0prinsip-prinsip keadilan yaitu :1) Kejujuran, 2) Keseimbangan, 3) Penghindaran dari manipulasi, dan prinsip transparansi yaitu : 1) Kejujuran, 2) Keadilan, 3) Keterbukaan, dan 4) Tidak menutupi aib. Tak terkecuali dalam usaha di bidang jasa servis handphone yang saat ini menjadi barang kebutuhan penting untuk berbagai kalangan. Penerapan0prinsip-prinsip keadilan dan transparansi dalam menjalankan usaha diperlukan tidak sekedar agar masing-masing pihak yang terlibat transaksi memperoleh keuntungan tetapi juga agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan.
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk menganalisisnya dalam tugas akhir dengan rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana prinsip keadilan perspektif Imam al-Ghazali terhadap penaksiran harga jasa servis handphone di konter el-bass Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, 2) Bagaimana prinsip transparansi menurut perspektif Imam al-Ghazali terhadap penaksiran harga jasa servis handphone di konter el-bass Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan metode deskriptif analitis.
Berdasarkan0penelitian dan0analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa praktik jasa servis handphone di konter el-bass Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi secara umum telah sesuai dengan prinsip keadilan dan transparansi. Meskipun terdapat kekurangan pada transaksi awal pengusaha tidak menyampaikan kepada konsumen soal risiko pertambahan kerusakan sekaligus biayanya yang bisa terjadi di tengah proses perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anjar Kususiyanah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28782 |
Actions (login required)
View Item |