Pengaruh Label Halal Kualitas Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Kecil Kuliner di Ponorogo Dengan Digital Marketing Sebagai Variabel Moderating

Syam, Mochammad Syahrul Utomo (2024) Pengaruh Label Halal Kualitas Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Kecil Kuliner di Ponorogo Dengan Digital Marketing Sebagai Variabel Moderating. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501220016_Mochammad Syahrul Utomo Syam_Es S2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualifikasi produk yang baik merupakan hal yang telah teruji kualitas produk yang diminati oleh para konsumen. Produk yang sesuai bahwa hal label halal, kualitas produk dan harga dapat mempengaruhi volume penjualan para pelaku usaha. Hasil industri kuliner di Ponorogo merupakan produk yang diproduksi yang telah diuji kelayakan jual dan konsumsi konsumen dengan memberikan label halal. Berdasarkan observasi dengan pelaku usaha bahwa meskipun telah memberikan label halal, kualitas pada produk yang baik masih belum terlihat kenaikan volume penjualan secara signifikan, padahal juga harga yang ditawarkan termasuk cenderung lebih murah, bahkan produk yang belum berlabel halal mampu memberikan volume penjualan yang signifikan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan pemilihan secara random yang memperhatikan stratified random sampling, dengan teknik pengambilan data menyebarkan angket dalam perhitungan rumus slovin dengan hasil jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang berupa uji statistik melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji T-test, F-test koefisien determinan (R2) dan uji regresi moderating Multiple Regression Analisys (MRA) dengan menggunakan software SPSS 16.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel label halal terhadap volume penjualan berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai (R2) sebesar 0.239 atau 23,9 %. Pada variabel kualitas produk terhadap volume penjualan berpengaruh positif secara tidak signifikan dengan nilai (R2) sebesar 0.112 atau 11,2 %, selajutnya untuk variabel harga terhadap volume penjualan berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai (R2) sebesar 0.225 atau 22,5 % .Variabel label halal, kualitas produk, dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan dengan hasil uji F sebesar 0.000 < 0.05 dan (R2) sebesar 0.279 atau 27,9 %. Digital marketing dapat memperkuat label halal terhadap volume penjualan dengan nilai 43,6 %. Digital marketing dapat memperlemah kualitas produk terhadap volume penjualan dengan nilai 43 %. Digital marketing memperkuat harga terhadap volume penjualan dengan nilai 44,7 %. Digital marketing dapat memperkuat secara simultan terhadap volume penjualan dengan nilai 57,2 % , bahwa dengan adanya variabel moderasi digital marketing dapat memperkuat pengaruh antara label halal, kualitas produk, dan harga terhadap volume penjualan pada industri kecil kuliner di Ponorogo.

Kata kunci: Label halal, Kualitas Produk, Harga, Volume penjualan, Digital Marketing

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo dan Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:11
Last Modified: 19 Jun 2024 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28769

Actions (login required)

View Item View Item