..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan melalui Program Sate Kopok Perspektif Ekonomi Islam

Lestari, Eko Puji (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan melalui Program Sate Kopok Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501220008_Eko Puji Lestari_Magister Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Sate Kopok, yang berfokus pada pemberdayaan perempuan, merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk meningkatkan produktivitas ekonomi perempuan di tingkat RT, sekaligus menjadi program prioritas dalam Penggunaan Anggaran Kegiatan RT. Program ini digagas oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, sebagai respons terhadap penurunan perekonomian kabupaten sebesar minus 0,9% akibat pandemi COVID-19 antara Tahun 2019-2022. Dampak pandemi menggerakkan Bupati untuk mendukung penguatan ekonomi perempuan. Jenis kegiatan berupa dukungan dana dalam bentuk belanja bahan kebutuhan pokok yang diberikan kepada RT sebagai modal awal bagi kelompok sasaran. Program ini didukung oleh legalitas lembaga yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa/Lurah, bertujuan untuk membangun kerjasama yang kuat berlandaskan semangat kekeluargaan dan kepercayaan antar anggota. Pelaksanaan program Sate Kopok ini penting untuk diteliti untuk mengetahui bagaimana mampu mempengaruhi peningkatan produktivitas ekonomi perempuan tingkat RT sebagaimana tujuan dirilisnya program ini.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaksanaan Program Sate Kopok di Kabupaten Ponorogo. Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat Program Sate Kopok berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas ekonomi perempuan serta membawa dampak bagi pelaku Sate Kopok dan masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, FGD, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan oleh peneliti dengan model Miles and Huberman. Kemudian diuji dengan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian menjawab bagaimana sebenarnya pelaksanaan Program Sate Kopok di Kabupaten Ponorogo. Langkah-langkah strategis pelaksanaan Sate Kopok Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang seharusnya menjadi faktor pendukung dalam peningkatan produktivitas ekonomi perempuan, sebagian besar justru menjadi faktor penghambat. Kebutuhan spesifik bagi kelompok sasaran, pengembangan usaha ekonomi kreatif yang berkesinambungan, peran serta seluruh pemangku kepentingan, fasilitasi bantuan permodalan yang minim, dan sistem pendampingan untuk kemandirian kelompok tidak terlaksana secara efektif. Perilaku sosial dan kondisi lingkungan juga mempengaruhi proses pelaksanaan Sate Kopok. Tidak adanya fasilitas pelatihan dan rendahnya jumlah kelompok yang berhasil mencapai tujuan, menunjukkan bahwa program ini belum sepenuhnya sukses. Kurangnya pengawasan dan evaluasi dari stakeholder membuat jalannya Program Sate Kopok cenderung stagnan, sehingga perlu perbaikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Kata kunci: Sate Kopok, Produktivitas, Pemberdayaan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah, Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:08
Last Modified: 19 Jun 2024 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28755

Actions (login required)

View Item View Item