Rahayu, Prasti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADLET PADA MATERI PENGARUH GEOGRAFIS TERHADAP PENJELAJAHAN SAMUDRA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTSN 8 MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200082_PRASTI RAHAYU_TADRIS IPS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rahayu, Prasti. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Padlet pada Materi Pengaruh Geografis terhadap Penjelajahan Samudra untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risma Dwi Arisona,
M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan, Padlet, Minat Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi baru dalam pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS kelas VIII MTsN 8 Magetan. Karena hal itu menyebabkan pembelajaran IPS menjadi tidak menarik, membosankan dan menimbulkan sifat pasif pada siswa. Dari permasalahan yang ada menimbulkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPS lebih rendah dibandingkan pembelajaran lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan produk media pembelajaran Padlet yang dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi pengaruh geografis terhadap penjelajahan samudra.
Berawal dari permasalahan diatas maka penelitian pengembangan media pembelajaran Padlet memiliki tujuan sebagai berikut : (1) untuk mengetahui kelayakan media Padlet pada materi pengaruh geografis terhadap penjelajahan samudra untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 8 Magetan. (2) untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media Padlet pada materi pengaruh geografis terhadap penjelajahan samudra untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 8 Magetan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan
model pengembangan Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan peneliti adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan (desain produk), validasi, revisi, uji coba lapangan, dan revisi. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sebagai data awal, serta angket. Subjek penelitian ini melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, satu guru IPS dan 30 siswa kelas VIII MTsN 8 Magetan.
Berdasarkan hasil penilaian rata-rata persentase uji validasi ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat layak digunakan dengan hasil persentase ahli materi 80% dan ahli media dengan hasil persentase 85%. Sedangkan penilain hasil dari guru dan 30 siswa bahwa uji coba media pembelajaran Padlet dinilai sangat menarik digunakan dengan hasil persentase 80%, dan hasil penilaian siswa menunjukkan hasil persentase 83,08%. Dari hasil persentase guru dan siswa tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Padlet materi pengaruh geografis terhadap penjelajahan samudra mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 03:26 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 03:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28697 |
Actions (login required)
View Item |