..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 3 Ponorogo

Mufidah, Anis Muthoharoh (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208200006_Anis Muthoharoh Mufidah_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (22MB)

Abstract

Mufidah, Anis Muthoharoh. 2024. Pengaruh Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: TikTok, Keaktifan dan Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Penelitian ini dilakukan karena terdapatnya permasalahan mengenai menurunnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal tersebut terbukti dari apa yang peneliti observasi, bahwa jarang ditemukan siswa yang aktif untuk menanyakan kembali materi yang belum dipahami, sehingga ketika suasana belajar di kelas kurang melibatkan keaktifan siswa akan cenderung membawa pengaruh negatif pada hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut adalah penggunaan media pembelajaran TikTok.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan aplikasi TikTok berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo dan apakah media pembelajaran TikTok efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental). Sedangkan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah cluser random sampling (Area sampling). Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa berupa 12 pertanyaan, sedangkan tes berjumlah 16 soal berbentuk pretest dan posttest pilihan ganda (a,b,c,d)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh yang signifikan dari hasil angket keaktifan siswa setelah diberikan perlakuan (posttest), hal ini dibuktikan dengan asumsi uji-t Independent Sampel T-test. 2) ada pengaruh yang signifikan untuk tes soal hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan (posttest), hal ini dibuktikan dengan asumsi uji-t Independent Sampel T-test. 3) ada pengaruh yang signifikan dari variabel independent terhadap berberapa variabel dependen untuk angket keaktifan dan soal tes hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji manova (Multivariate analisis Of Variance).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:12
Last Modified: 19 Jun 2024 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item