Susanti, Elfi (2024) Strategi Komunikasi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Di MI AL-ISHLAH Desa Kalisat Kecamatan Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
302200101_ Elfi Susanti_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Susanti, Elfi. 2024. Strategi Komunikasi Guru Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Agama Di MI AL-ISHLAH Desa Kalisat Kecamatan Bungkal. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.
Kata Kunci : Strategi komunikasi, Guru, Nilai-Nilai Agama.
Strategi komunikasi merupakan keseluruhan perencanaan, taktik dan cara yang akan dipergunakan oleh kelompok atau organisasi untuk melancarkan komunikasi dengan memerhatikan keseluruhan aspek yang ada pada proses komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi guru dalam menanamkan nilai-nilai agama karena banyak masyarakat yang menyekolahkan anaknya di MI AL-ISHLAH, selain itu di MI AL-ISHLAH ini memiliki konsep pembinaan akhlak dan pendidikan agama sejak mulai berdiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana bentuk strategi komunikasi dan bagaimana penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian menganalisisnya menggunakan teori strategi komunikasi. Sumber data yang diambil dari guru, kepala sekolah dan siswa. Pengecekan keabsahan data atau temuan menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bentuk dan penerapan strategi komunikasi guru dalam menanamkan nilai-nilai agama di MI AL-ISHLAH.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada beberapa bentuk strategi komunikasi yang digunakan oleh guru MI AL-ISHLAH dalam menanamkan nilai-nilai agama pada siswa yaitu bentuk komunikasi pribadi (komunikasi yang dilakukan seperti tanya jawab), komunikasi kelompok (komunikasi dengan membuat kelompok atau grup selain itu komunikasi dalam lingkup satu kelas) dan komunikasi media (komunikasi dengan menggunakan alat bantu seperti buku,media elektronik). Penerapan strategi komunikasi yang diterapkan guru kepada siswa seperti melakukan pembiasaan hafalan/murajaah, praktek sholat, bertutur kata yang baik, berperilaku sopan santun, saling menghormati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mayrina Eka Prasetyo Budi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:59 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28645 |
Actions (login required)
View Item |